5 Hal yang Menguras Tabungan, dan Cara Mengantisipasinya

5 Hal yang Menguras Tabungan, dan Cara Mengantisipasinya

Naviri Magazine - Sebagian besar kita tentu punya tabungan, yang ditujukan untuk berbagai hal. Tabungan biasanya dipersiapkan untuk hal-hal di masa depan, semisal untuk membeli sesuatu, buat biaya pernikahan, pendidikan, dan lain-lain. Dengan rutin menabung, kita bisa mengumpulkan banyak uang yang kelak bisa digunakan.

Sayangnya, tabungan yang dikumpulkan bertahun-tahun itu bisa ludes seketika karena adanya hal-hal yang tak terduga. Akbatnya, bukannya digunakan untuk mencapai sesuatu di masa depan sebagaimana yang diniatkan, tabungan itu malah ludes untuk hal-hal yang tak diinginkan.

Berikut ini adalah lima hal yang bisa menguras tabungan kita, serta cara mengantisipasinya.

Liburan tak terencana

Walaupun bukan kebutuhan primer, tapi liburan bermanfaat buat kesehatan mental kita. Makanya, wajar jika banyak orang menyisihkan sebagian uang dan waktunya buat liburan. Biar awet muda dan terhindar dari stres.

Masalahnya, tidak semua orang punya tabungan khusus buat liburan. Jadi, sekali liburan, duit di tabungan bisa ludes. Apalagi kalau liburannya tidak terencana dengan baik. Niatnya liburan cuma 2-3 hari, tapi jadi seminggu. Inginnya menginap di hotel murah, tapi ternyata penuh semua, akhirnya menginap di hotel mahal.

Biar tabungan tidak ludes, rencanakan liburan jauh-jauh hari dengan baik. Siapkan juga duitnya. Jangan ambil dari tabungan buat kebutuhan masa depan, tapi sisihkan khusus buat liburan. Hunting promo tiket dan hotel, biar bisa mengurangi pengeluaran.

Sakit

Tidak ada orang yang ingin atau merencanakan sakit. Tapi, manusia bisa sakit kapan saja. Entah sakit ringan sebatas masuk angin, sariawan, pusing, atau sakit parah yang butuh penanganan medis serius.

Kalau sakit ringan tentu cukup istirahat dan beli obat juga biasanya sudah sembuh. Tapi kalau kena penyakit parah, sudah pasti harus ke dokter/rumah sakit, dan butuh biaya banyak.

Karenanya, jaga gaya hidup kita sehari-hari. Siapkan juga asuransi kesehatan, untuk berjaga-jaga kalau terkena penyakit parah, hingga tidak perlu menghabiskan tabungan atau ngutang sana-sini.

Kecelakaan

Tentu tidak ada orang yang ingin mengalami kecelakaan. Tapi musibah bisa datang pada siapa saja dan kapan saja.

Tidak jarang, tabungan bisa ludes demi sembuh dari cedera akibat kecelakaan. Karenanya, stay safe dan jangan suka ikut-ikutan melakukan kegiatan yang berisiko. Siapkan juga asuransi.

Asuransi kesehatan biasanya sudah meng-cover biaya pengobatan akibat kecelakaan. Jadi cukup bayar 1 premi per bulan buat melindungi kesehatan dan keuangan.

Usaha tapi rugi

Banyak orang yang ingin membangun usaha biar untung, tapi malah rugi gara-gara tidak laku atau kena tipu. Akibatnya, tabungan harus dicairkan buat menutupi kerugian.

Karenanya, usaha membutuhkan perencanaan dan strategi yang matang. Pelajari segala kelebihan dan kelemahan usaha yang akan dijalani. Apalagi kalau modalnya gede. Mungkin bisa mulai dengan usaha kecil-kecilan dulu kalau masih belajar, jangan langsung main bisnis besar.

Gadget rusak

Kesannya mungkin sepele. Tapi, kenyataannya, gadget rusak bisa bikin kita stres dan tabungan ludes. Apalagi kalau gadget itu berperan penting dalam hidup sehari-hari, misalnya buat kerja, buat komunikasi dengan keluarga/teman, atau buat cari uang.

Karenanya, ingatlah untuk merawat gadget yang dimiliki dengan baik, jangan diperlakukan asal-asalan. Kalau ada kerusakan kecil, segera diperbaiki. Sediakan juga tabungan khusus buat gadget.

Biasanya, gadget memiliki usia tertentu sesuai penggunaan, misal 1-2 tahun kalau rutin dipakai tiap hari. Jadi, selama 1-2 tahun itu, sisihkan sebagian uang buat beli gadget baru. Lebih ringan kalau dicicil nabung seperti itu, daripada menunggu gadget rusak lalu menguras tabungan. Terasa banget mahalnya.

Baca juga: Panduan Kaya-Raya dan Punya Uang Ratusan Juta di Usia 30

Related

Tips 6974977581322797055

Recent

item