Misteri Hewan yang Menjadi Ikon di Logo Browser Firefox

Misteri Hewan yang Menjadi Ikon di Logo Browser Firefox

Naviri Magazine - Saat mengakses internet, kita menggunakan browser atau peramban. Saat ini, ada beberapa browser populer yang digunakan banyak orang, di antaranya Firefox, Chrome, Safari, dan lain-lain.

Jika kita perhatikan, logo di browser Firefox dilambangkan oleh seekor hewan. Sebagian besar orang mengira hewan pada logo itu adalah rubah berbulu warna merah. Ternyata, perkiraan itu keliru.

Sebuah twit menarik yang muncul di sebuah account Twitter bernama Hidden Fatcs, @Factsionary, menuliskan, "The animal in the Firefox logo is not actually a fox. It's Red Panda - Hewan yang digunakan sebagai logo Firefox sebenarnya bukan rubah. Hewan itu ada Panda berbulu merah."

Tentunya, selama ini ada banyak orang yang mengira bahwa logo Firefox adalah seekor rubah berwarna merah sedang mendekap bumi. Namun, ternyata bukan.

Ketika coba dicek di Wikipedia, ternyata memang hewan tersebut bukan rubah, melainkan seekor beruang merah. Bahkan beberapa website menyatakan bahwa pertama kali muncul, perusahaan pencipta browser ini menggunakan logo Phoenix.

Logo Phoenix lalu digantikan dengan logo Firebird pada tahun 2003, karena terkendala masalah hak cipta logo. Belum ada satu tahun sejak penggantian, kembali logo tersebut tersandung masalah hak cipta, dan berganti lagi menjadi seperti sekarang.

Logo Firefox seperti saat ini dibuat pertama kali oleh seseorang bernama Steven Garrity. Dalam emailnya kepada tim Firefox, ia mengatakan, "Firefox sebenarnya adalah seekor panda merah yang lucu, tapi karena tidak begitu mengintepretasikan nama browsernya, maka sedikit didesain agar tidak terlihat seperti seekor panda."

Setelah mendapatkan persetujuan dari pihak Firefox, akhirnya sketsa logo tersebut diperbaiki kembali oleh Daniel Burka dan Stephen Desroches.

Sayangnya, tidak ada penjelasan kenapa harus menggunakan panda merah sebagai ikon, bukan langsung rubah sesuai nama browser tersebut.

Baca juga: Dunia Heboh, Muncul Berita Internet Akan Mati Selama 48 Jam

Related

Internet 8622828900882979801

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item