Internet Fiber, Sarana Berinternet Cepat dan Menyenangkan

 Internet Fiber, Sarana Berinternet Cepat dan Menyenangkan

Naviri Magazine - Ketika berinternet, hal yang sering menjengkelkan adalah loading atau koneksi yang lemot. Masalah lambatnya koneksi internet ini sering dialami orang-orang di negara-negara yang jaringan internetnya belum begitu bagus, salah satunya Indonesia.

Ketika membuka situs dengan loading tergolong berat, atau saat bermain game internet yang memiliki banyak fitur canggih, koneksi internet bisa terasa lambat. Hal-hal itulah yang lalu coba diatasi oleh internet fiber, yaitu jaringan internet menggunakan serat optik, yang memiliki kemampuan lebih bagus dalam hal koneksi internet.

Internet fiber memang lebih disukai dan diunggulkan untuk akses online. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum kita memutuskan untuk menggunakan fiber sepenuhnya.

Tidak butuh Internet dengan kecepatan tinggi

Beberapa orang tidak membutuhkan internet dengan kecepatan super cepat. Biasanya mereka cukup dengan kecepatan hanya 1 Mbps untuk web dan sosial media. Aktivitas ini tidak terlalu banyak memerlukan banyak bandwidth seperti yang ditawarkan penyedia internet fiber.

Internet fiber sangat terbatas ketersediaannya

Di Indonesia saat ini, untuk bisa menikmati internet fiber masih sangat terbatas. Beberapa perusahaan penyedia internet fiber, seperti MyRepublic, IndiHome, MNC Play, berencana memperluas jaringan fiber optik mereka secara nasional, mungkin butuh waktu lama untuk menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

Jalur fiber baru membutuhkan infrastruktur baru

Salah satu alasan mengapa DSL dan internet kabel keduanya tersedia secara luas, karena dapat menggunakan infrastruktur kawat tembaga yang sudah ada, yang dipasang untuk telepon dan televisi kabel. Fiber optic adalah teknologi yang jauh lebih baru dan membutuhkan infrastruktur baru pula.

Apakah internet fiber tepat untuk saya?

Secara umum, internet fiber adalah pilihan terbaik bagi sebagian besar dari kita. Jauh lebih bisa diandalkan karena speed yang bagus. Dan speed itu hal mutlak untuk gaming, streaming video HD, atau download file dalam jumlah banyak dengan waktu yang cepat, atau jika beberapa orang perlu menggunakannya sekaligus secara bersamaan.

Sayangnya, untuk saat ini, keterbatasan area internet fiber membuat kita belum bisa menikmati cepatnya internet fiber dan harus menunggu jalur fiber terpasang di wilayah kita. Jadi beruntunglah bila tempat tinggal saat ini sudah tercover jaringan internet fiber.

Baca juga: Mewaspadai Suara Keras yang Muncul dari Komputer atau Laptop

Related

Technology 6233914520556458490

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item