Kasus-kasus Operasi Plastik Gagal yang Terkenal di Dunia

Kasus-kasus Operasi Plastik Gagal yang Terkenal di Dunia

Naviri Magazine - Teknologi medis memungkinkan siapa pun untuk mengubah atau memperbaiki bentuk tubuhnya, khususnya di bagian wajah. Pipi yang terlalu gemuk, misalnya, bisa diubah menjadi proporsional. Hidung yang pesek bisa diubah menjadi mancung. Bibir yang kurang penuh bisa diubah menjadi menawan, dan lain-lain.

Karenanya, operasi plastik kerap menjadi jalan pintas bagi sebagian orang untuk mendapatkan bentuk wajah atau tubuh yang ideal. Sayangnya, operasi ini bisa gagal dan hasilnya malah terlihat aneh.

Anne Wallace, kepala operasi plastik di University of California, mengatakan bahwa jika kita melakukan suatu perubahan tiba-tiba di tubuh, ada risiko yang bisa muncul di area tubuh yang lain.

Wallace memperingatkan, mengubah suatu fitur tubuh bisa merusak fitur tubuh lainnya. Dan apa yang diwanti-wanti olehnya pernah terjadi pada beberapa orang.
Berikut empat kasus gagalnya operasi plastik yang pernah terjadi.

Hang Mioku

Salah satu kasus kegagalan operasi plastik dialami oleh Hang Mioku, perempuan berusia 48 tahun dari Korea Selatan. Kejadian ini dilaporkan oleh The Telegraph pada 2008.

Mioku terobsesi dengan operasi plastik, hingga membuatnya menyuntikkan minyak goreng ke wajahnya sendiri, karena ahli bedah yang ia kunjungi menolak melakukan operasi pada dirinya. Suntikan minyak goreng itu membuat wajahnya menjadi membesar dan bentuknya rusak.

Menurut laporan, penolakan dari ahli bedah yang diterimanya dikarenakan wajah Mioku sudah mengalami kerusakan dan pelebaran, akibat terlalu banyak melakukan operasi plastik. Mioku sendiri diketahui mulai melakukan operasi plastik sejak usia 28 tahun.

Selain itu, menurut ahli bedah yang dikunjungi Mioku, perempuan itu mungkin menunjukkan kelainan psikologis.

Mioku sudah menjalani operasi untuk menormalkan wajahnya yang rusak akibat suntikan minyak goreng. Pada prosedur pertama, dokter berhasil mengangkat 60 gram zat asing dari wajahnya, dan 200 gram zat asing dari lehernya.

Setelah beberapa kali menjalani prosedur pengangkatan, ukuran wajahnya telah kembali normal. Namun begitu, bentuk wajahnya masih dipenuhi luka-luka dan tampak rusak.

Jocelyn Wildenstein

Menurut ahli bedah plastik Anthony Youn, kasus bedah plastik Jocelyn Wildenstein adalah contoh kegagalan bedah plastik paling terkenal di dunia. Wildenstein adalah sosialita asal Swiss yang terkenal karena bedah plastiknya.

Menurut The Sun, Wildenstein melakukan banyak operasi plastik agar terlihat mirip kucing, demi memuaskan suaminya, Alec Wildenstein.

Dikutip dari CBS News, Youn menduga Wildenstein melakukan banyak prosedur operasi plastik, seperti facelift, injeksi bibir, dan juga operasi kelopak mata bagian bawah serta atas.

Michael Jackson

Hidung Michael Jackson alias MJ merupakan salah satu bentuk kegagalan operasi plastik. Menurut laporan Daily Mail, MJ hanya menginginkan bentuk hidung berbeda. Namun ia malah menjalani 100 prosedur berbeda untuk memperbaiki kerusakan akibat operasi dan juga injeksi yang ia lakukan.

Menurut Youn, MJ mengidap suatu kelainan yang disebut body dysmorphic disorder (BDD). Kondisi tersebut membuatnya terus melakukan operasi untuk memperbaiki kelainan, yang sebenarnya tidak ada.

Michaela Romanini

Sosialita asal Italia, Michaela Romanini, juga masuk ke dalam daftar ini. Menurut laporan Oddee, Romanini ketagihan menggunakan injeksi kolagen pada bibirnya. Hal itu membuatnya berubah dari salah satu sosialita tercantik di Eropa menjadi salah satu yang terseram penampakannya. Romanini telah mulai mengalami ketagihan pada injeksi bibir sejak usia muda.


Related

World's Fact 6238897019270792361
item