Keuntungan yang Bisa Diperoleh dari Menabung Emas

 Keuntungan yang Bisa Diperoleh dari Menabung Emas

Naviri Magazine - Jika kita menabung di bank seperti layaknya tabungan biasa, maka tabungan kita akan diperlakukan sebagai tabungan biasa. Ada bunga yang diperoleh, namun bunga yang diperoleh tentu disesuaikan dengan saldo kita serta suku bunga yang berlaku.

Berbeda dengan menabung emas. Saat menabung emas, kita memang melakukan aktivitas menabung seperti biasa dengan cara menyetorkan sejumlah uang. Namun, karena ditujukan untuk menabung emas, maka uang setoran kita tidak diperlakukan sebagaimana tabungan biasa, melainkan diperlakukan sebagai tabungan emas. Uang kita akan diakumulasi untuk ditukarkan dengan sejumlah emas, dan nilainya akan mengikuti harga emas, bukan suku bunga tabungan.

Karena hal itu pula, sebagian orang memilih menabung emas sebagai sarana berinvestasi.

Dibanding investasi lainnya, bisa dibilang investasi emas adalah pilihan yang tepat, terutama untuk pemula yang mencari investasi minim risiko. Selain itu, masih banyak keuntungan menabung emas lainnya, sebagai berikut:

Tidak perlu modal besar

Walaupun kondisi keuangan pas-pasan, tidak ada alasan untuk tidak menyisihkan sebagian penghasilan untuk berinvestasi. Sebab menabung emas bisa dimulai dari yang paling kecil, yaitu sebesar 0.01 gram, dengan harga mulai dari Rp5.000.

Tidak terpengaruh inflasi

Emas menjadi instrumen investasi yang tingkat risikonya rendah, karena harganya cenderung naik. Meskipun terjadi penurunan, nilainya tidak begitu signifikan. Bahkan sejak 2001 harga emas naik di kisaran 20% – 37% dan tidak terpengaruh oleh inflasi.

Lebih mudah dicairkan

Pemegang emas akan lebih fleksibel untuk mencairkan emas ke dalam bentuk uang tunai. Berbeda dengan jenis investasi lainnya yang cenderung sulit dicairkan. Kita bisa mencairkan emas sejumlah yang dibutuhkan, ketika memiliki kebutuhan mendesak.

Tersimpan dengan aman

Walaupun selama menabung emas kita tak memegang wujud emas tersebut secara langsung, namun emas tersebut aman dengan jaminan dari pihak pembiayaan. Bisa dikatakan lebih aman dibandingkan hanya disimpan di rumah.

Baca juga: 5 Hal yang Menguras Tabungan, dan Cara Mengantisipasinya

Related

Money 8493319309600436888

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item