Kurang Tidur Membuat Kita Ingin Makan Terus Menerus

Kurang Tidur Membuat Kita Ingin Makan Terus Menerus

Naviri Magazine - Ketika Anda ingin memanfaatkan sebaik mungkin waktu yang dipunya untuk mengerjakan semua hal dalam hidup – seperti bekerja, berkegiatan sosial, mengurus keluarga, olahraga, memasak makanan sehat dan lainnya – terkadang jadwal tidur yang cukup justru terabaikan.

Padahal, mendapat tidur yang cukup harus menjadi prioritas tertinggi. Dengan tidur, tubuh kita akan lebih rileks dan ‘mendapat perbaikan’ setelah berkegiatan seharian.

Kebutuhan tidur antara satu orang dan yang lain mungkin berbeda. Namun, Kelly Johnston, ahli gizi dari Parsley Health, mengatakan, setidaknya kita harus tidur selama tujuh hingga sembilan jam per hari. Jika tidak mendapatkan tidur yang cukup, tubuh akan mengalami kesulitan pada esok hari.

“Penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda tidak mendapat tidur yang cukup, tubuh secara otomatis mengalami peningkatan gula darah di hari berikutnya, karena tidak mengalami metabolisme yang baik,” ungkap Johnston.

Selain itu, kurang tidur juga mengganggu keseimbangan hormon lapar dan kenyang, yang akhirnya menimbulkan perasaan ‘kosong’ dan ingin makan terus.

Bahaya lainnya, tidak cukup tidur menurunkan kadar leptin, hormon yang membantu mengatur keseimbangan energi tubuh dengan menghambat rasa lapar. Efeknya? Kita jadi berhasrat untuk mengonsumsi makanan manis dan banyak gula.

Baca juga: Perlu Tahu, Kondisi Kaki Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatan

Related

Health 9035631571548092742

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item