Langit California Berlubang, Penduduk Khawatir Ada Serangan Alien

Langit California Berlubang, Penduduk Khawatir Ada Serangan Alien

Naviri Magazine - Dalam film Avengers, kita menyaksikan langit di New York berlubang, dan melalui lubang itu muncullah makhuk-makhluk luar angkasa yang mengendarai pesawat-pesawat canggih, yang lalu memporakporandakan seisi kota. Ketika menyaksikan film tersebut, kita mungkin takjub. Namun, setidaknya, kita tidak khawatir karena itu hanya ada dalam film.

Belakangan, penduduk California Utara panik saat tiba-tiba melihat langit di atas kota mereka berlubang, mirip seperti yang terjadi dalam film Avengers. Para penduduk yang menyaksikan fenomena itu sempat khawatir kalau-kalau lubang di langit itu merupakan pintu tempat bermunculannya UFO atau makhluk-makhluk dari luar angkasa.

Pemandangan yang memperlihatkan sebuah lubang kecil di langit California itu mengesankan seolah lapisan bumi sedang bolong. Fenomena itu pun sempat menjadi pembicaraan di berbagai jejaring sosial.

Dikutip dari Daily Mail, tidak sedikit yang menyebut bahwa lubang di langit tersebut adalah ulah UFO atau makhluk planet lain, namun ada banyak orang lain yang lebih percaya bahwa hal tersebut hanyalah fenomena alam yang langka.

Secara ilmiah, ternyata lubang di langit memiliki penjelasan, dan bukan hasil karya makhluk planet lain atau UFO. Dalam pengertian ilmiah, lubang tersebut dinamakan Fallstreak.

Fallstreak adalah suatu fenomena atmosfer yang diperkirakan terbentuk karena partikel es dalam udara mulai mengkristal, dan menjadi solid di langit. Ketika sebuah benda seperti pesawat udara melintasinya, kristal itu akan berlubang, yang awalnya kecil dan akan terus membesar.

Lubang tersebut tidak terjadi secara otomatis dan cepat terlihat. Ketika sebuah pesawat terbang melewati atau menerobos gumpalan partikel es tersebut, diperkirakan lubang itu baru akan terbentuk sekitar beberapa jam setelahnya.

Para meteorolog juga menjelaskan bahwa fenomena semacam itu hanyalah sebuah efek optikal yang dihasilkan oleh kondisi cuaca yang langka.


Related

World's Fact 1085482745057953871

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item