Peradaban Lembah Indus dan Misteri Hilangnya 5 Juta Orang

Peradaban Lembah Indus dan Misteri Hilangnya 5 Juta Orang

Naviri Magazine - Dikenal juga sebagai peradaban Harappa, masyarakat zaman perunggu di Lembah Indus pernah mencapai populasi lebih dari 5 juta jiwa, dan terkenal karena perencanaan kota dan sistem air yang sangat rinci. Namun peradaban masyarakat yang besar itu hilang dari muka bumi.

Dua kota besar milik peradaban ini, Mohenjo-daro dan Harappa, pertama kali ditemukan dan digali pada abad ke-19.

Apa yang menyebabkan kehancuran peradaban mereka? Jawabannya adalah dua abad kekeringan tanpa henti. Para ilmuwan sampai pada kesimpulan itu, setelah mempelajari lapisan-lapisan sedimen danau kuno yang dikenal sebagai Kotla Dahar.

Dikutip dari Scientific American, “Kotla Dahar merupakan cekungan tertutup, hanya diisi oleh limpahan air hujan tanpa saluran keluar. Dengan demikian, hanya curah hujan dan penguapan yang menentukan volume air. Selama masa kering, isotop Oksigen-16, yang lebih ringan, menguap lebih cepat dibanding Oksigen-18, sehingga air yang tersisa di danau menjadi kaya Oksigen-18.”

Rekonstruksi tim menunjukkan lonjakan jumlah Oksigen-18 antara 4.200 dan 4.000 tahun lalu. Hal ini menunjukkan bahwa curah hujan menurun secara drastis selama waktu itu. Selain itu, data mereka juga menunjukkan bahwa musim hujan regular juga berhenti selama hampir 200 tahun.

Penurunan peradaban ini bertepatan dengan kekeringan yang juga dialami oleh peradaban di Mesir dan Yunani, di kisaran waktu yang sama.

Baca juga: Peradaban Khmer, Bangsa Kamboja Kuno yang Kini Punah

Related

Mistery 3315370320824681888

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item