Lenyapnya Peradaban Maju Lembah Indus yang Misterius

Lenyapnya Peradaban Maju Lembah Indus yang Misterius

Naviri Magazine - Peradaban Lembah Indus, yang muncul pada 3300 Sebelum Masehi, terkenal dengan sistem drainase majunya. Sisa-sisa peradaban Lembah Indus bisa kita saksikan di kawasan Pakistan, sekitar sungai Gangga di India, hingga dekat Laut Arab.

Tidak hanya sistem drainase, bangsa Indus juga dikenal sebagai pembangun kota yang terstruktur dan terorganisasi. Tembok dan rumah-rumah dibangun kokoh dan rapi, tidak kalah dengan pembangunan saat ini.

Sayangnya, berdasarkan jurnal ilmiah yang dipublikasikan tahun 2012, peradaban Indus tiba-tiba menghilang sekitar 1600 tahun Sebelum Masehi. Pemukiman maju lembah Indus berubah menjadi kota mati setelah ditinggal penghuninya.

Teori yang diajukan ilmuwan adalah perubahan iklim, dimana musim hujan berkurang dan memicu terjadinya kekeringan, hingga memaksa penduduk pindah. Tetapi, teori ini belum terbukti sampai saat ini.

Baca juga: Asal Usul Munculnya Gerbang Neraka di Turkmenistan

Related

Mistery 7859721119128247454

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item