Panduan Memanfaatkan Facebook untuk Bisnis dan Mendapat Uang

Panduan Memanfaatkan Facebook untuk Bisnis dan Mendapat Uang

Naviri Magazine - Punya bisnis dan ingin memasarkannya di dunia maya? Salah satu hal penting yang perlu dilakukan terkait bisnis memang pemasaran dan periklanan. Dalam hal itu, dunia maya bisa membantu memasarkan dan mengiklankan produk Anda, sehingga bisa lebih luas menjangkau calon konsumen. Terkait hal itu, tak ada salahnya untuk memanfaatkan media sosial.

Media sosial kini bukan hanya menjadi alat untuk berkomunikasi. Lebih dari itu, kini media sosial menjelma menjadi alat pemasaran yang ampuh untuk penetrasi ke pasar yang sesuai dengan bidikan bisnis.

Menurut Asia Social Commerce Report, Instagram dan Facebook adalah dua media sosial yang paling banyak dipakai para pedagang di Indonesia untuk promosi. Bila Anda juga ingin memanfaatkan Facebook untuk bisnis, ini kiatnya.

Fanpage (laman penggemar)

Fitur ini berfungsi sebagai etalase produk. Maka, cantumkan informasi bisnis yang terperinci mulai dari nomor telepon, hingga akses pesan privat. Selain itu, unggah konten tiap hari untuk menarik konsumen, dan pantau pergerakan promosinya.

Laman bisnis ini bisa menampung 100 ribu follower. Hasil penelitian Marketing Assasin 2016 menunjukkan, alasan seseorang ‘like’ sebuah fanpage akun bisnis adalah karena diskon (40%).

Ads (Iklan)

Iklan bertujuan meningkatkan brand awareness atau local awareness. Melalui iklan, Anda bisa mengunggah katalog produk sekaligus mempromosikannya pada audiens. Ketika akan beriklan, atur bidikan agar sesuai dengan bidikan yang Anda mau. Iklan di Facebook dengan harga terendah bisa mulai dari Rp50 ribu per minggu.

Foto

Kekuatan Facebook adalah narasi yang memikat. Buat narasi yang menggambarkan produk, sekaligus bubuhi cerita yang menarik dan menggugah emosi calon konsumen. Setelahnya, berikan foto yang bagus.

Video 

Lebih dari 100 juta jam video ditonton di Facebook tiap hari, dan 43% menikmati video promosi. Artinya, Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas melalui video yang menarik.

Untuk beriklan dengan video di Facebook, disarankan konten video memiliki durasi kurang lebih 15 detik. Jadi, buat konten video yang mudah dicerna, dan selalu menampilkan keterangan.

Statistik kinerja

Pada fitur fanpage, Anda bisa melihat metrik aktivitas secara real time. Mulai dari analisis aktivitas, pertumbuhan audiens, banyak pengunjung, kinerja iklan, hingga tren viral.

Dari analisis demografi, Anda bisa mengetahui persentase jenis kelamin yang mengikuti fanpage, rentang usia, lokasi, hingga latar belakang pendidikan. Dengan demikian, Anda bisa menyusun strategi meningkatkan brand awareness, mengunjungi situs, hingga mendorong pembelian produk.

Baca juga: Ponsel dan Internet, Dua Hal Penting bagi Orang Modern

Related

Internet 6103626009616917687

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item