Cara Membedakan Orangutan Jantan dan Orangutan Betina

Cara Membedakan Orangutan Jantan dan Orangutan Betina

Naviri Magazine - Secara umum, ukuran tubuh orangutan jantan dua kali lebih besar dibanding orangutan betina. Tinggi orangutan jantan bisa mencapai sekitar 1,5 meter dengan berat sekitar 90 kilogram. Karenanya, tidak terlalu sulit membedakan orangutan jantan dan orangutan betina.

Selain ciri yang tampak mencolok tersebut, orangutan jantan dan betina juga memiliki perbedaan lain yang cukup mudah dilihat. Orangutan jantan memiliki pelipis yang gemuk, kantong suara yang besar, serta bantalan pipi (cheek pad) pada kedua sisi wajahnya.

Sedang orangutan betina memiliki pelipis yang tipis, kantong suaranya kecil, dan tidak memiliki bantalan pipi.

Kantong suara yang besar, yang dimiliki orangutan jantan, memungkinkan mereka mampu mengeluarkan suara yang sangat keras, hingga dapat didengar dalam radius tiga kilometer.

Biasanya, mereka mengeluarkan suara nyaring itu untuk menantang orangutan jantan lainnya, menunjukkan daerah kekuasaannya, atau memanggil sang betina.

Baca juga: Ternyata, Beruang Benar-benar Menyukai Madu

Related

Science 1798278431504339609

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item