Mengapa Siput Punya Cangkang, dan Apa Fungsinya?

 Mengapa Siput Punya Cangkang, dan Apa Fungsinya?

Naviri Magazine - Cangkang siput berfungsi sebagai perlindungan, juga berfungsi untuk paru-paru. Pertukaran gas antara udara dan darah terjadi pada daerah dinding lubang palleal yang kaya pembuluh darah. Karenanya, cangkang itu tidak hanya melindungi tubuh siput, namun juga sebagai sarana untuk bernapas.

Siput dapat bereproduksi sebanyak 6 kali dalam setahun, dan menghasilkan 20-80 telur yang bulat serta tembus cahaya. Telur-telur itu biasanya akan diletakkan di dalam tanah, di bawah batu. Setelah beberapa minggu, telur siput akan menetas, dan cangkangnya akan membesar mengikuti pertumbuhannya.

Siput biasa memakan tumbuhan-tumbuhan yang dipetiknya dari hasil perkelanaannya, dengan menggunakan gigi-gigi kecilnya yang berbentuk seperti parutan.

Di mana capung meletakkan telurnya?

Capung sering terlihat di atas permukaan air, karena di permukaan air itulah capung meletakkan telur-telurnya, yang nantinya akan menetas menjadi larva. Mereka juga selalu mengawasi daerah tempat telur-telurnya, sehingga sering terjadi perkelahian antar capung dalam memperebutkan daerah kekuasaan.

Baca juga: Benarkah Laba-laba Betina Memakan Laba-laba Jantan?

Related

Science 5369453368048958097

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item