Mengenal Lebih Jauh Penyakit Maag dan Penyebabnya

Mengenal Lebih Jauh Penyakit Maag dan Penyebabnya

Naviri Magazine - Banyak orang mengidap atau mengeluhkan masalah maag yang dialaminya. Karenanya, di antara banyak keluhan kesehatan yang populer di kalangan masyarakat, maag adalah salah satunya. Sebegitu populer keluhan ini, sampai ada obat khusus yang sama populer, yang beredar di pasaran.

Berikut ini uraian lebih jauh mengenai apa sebenarnya penyakit maag, serta apa saja penyebabnya. Tujuannya tentu agar kita bisa lebih hati-hati, dan tidak sampai terkena masalah maag.

Definisi penyakit maag

Dalam dunia medis, tidak ada istilah penyakit maag. Maag hanyalah istilah yang digunakan masyarakat awam untuk menggambarkan keluhan-keluhan yang disebabkan gangguan pencernaan (indigestion).

Beragam gangguan tersebut terdiri dari keluhan sakit perut, mual, muntah, dada terasa nyeri seperti terbakar, kembung, begah, dan mulut terasa asam. Karena itu, maag sebenarnya bukan penyakit, melainkan gejala yang menandakan penyakit tertentu.

Penyakit yang ditandai oleh maag

Salah satu penyebab maag adalah penyakit asam lambung (GERD atau refluks asam lambung). Penyakit ini terjadi saat isi lambung, termasuk asam lambung, naik menuju kerongkongan hingga membuat kamu merasa mual, muntah, dan nyeri dada. 

Penyakit lain yang mungkin menimbulkan maag antara lain tukak lambung (peradangan lambung, usus, atau kerongkongan), infeksi perut, dan penyakit irritable bowel syndrome. Pada beberapa kasus langka, maag bisa menandakan kanker perut.

Benarkah semua orang mengidap maag?

Maag bukanlah jaringan atau organ tubuh manusia. Maag juga bukan kondisi yang pasti muncul dan dialami setiap orang. Hanya orang yang memiliki penyakit tertentu seperti penyakit asam lambung, dan tukak lambung, yang akan menunjukkan gejala maag.

Namun, banyak orang salah paham dan mengira maag sama dengan asam lambung. Pasalnya, pada kebanyakan kasus, keluhan maag disebabkan gangguan asam lambung.

Asam lambung merupakan enzim yang diproduksi tubuh secara alami. Asam lambung ini berguna sebagai pencerna makanan.

Jika kamu kebanyakan asam lambung, atau asam lambung kamu naik ke kerongkongan, akan menyebabkan gejala-gejala yang lebih dikenal dengan sebutan maag.

Apa penyebab penyakit maag?

Pemicu maag atau penyakit yang menyebabkan maag terdiri dari beberapa faktor risiko, di antaranya:

- Pola makan tidak teratur.

- Sering mengonsumsi makanan pedas atau yang kadar lemaknya tinggi, seperti gorengan.

- Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, atau kebanyakan minum minuman beralkohol.

- Kelebihan berat badan atau obesitas.

- Sedang menjalani pengobatan tertentu seperti antibiotik, aspirin, steroid, dan pil KB.

- Stres atau kelelahan.

Baca juga: Serangan Jantung Bisa Diketahui Tandanya Sebulan Sebelumnya

Related

Health 6684234193381911362

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item