Negara-negara dengan Kepadatan Penduduk Paling Tinggi

Negara-negara dengan Kepadatan Penduduk Paling Tinggi

Naviri Magazine - Negara manakah kira-kira yang tingkat kepadatan penduduknya paling tinggi di dunia? Mungkin, yang akan langsung muncul dalam benak kita adalah Cina, karena memiliki penduduk terbanyak di dunia yang mencapai 1,5 milyar jiwa.

Namun, meski memiliki jumlah penduduk sangat besar, Cina tidak dianggap sebagai negara dengan kepadatan penduduk paling tinggi, karena wilayahnya sangat luas.

Tingkat kepadatan penduduk di suatu negara tidak semata dihitung dari jumlah atau populasinya, tapi lebih pada perbandingan antara populasi penduduk dengan luas wilayahnya. Menyangkut negara dengan kepadatan penduduk paling tinggi, berikut ini negara-negara yang dianggap penduduknya paling padat di dunia. Dalam daftar ini, Cina tidak termasuk.

Monaco

Monaco adalah negara merdeka paling kecil kedua di dunia, sekaligus paling padat penduduknya. Negara itu hanya memiliki luas wilayah 1,96 kilometer persegi (485 hektar), namun dihuni oleh 32.410 penduduk. Sekadar catatan, Monaco adalah negara terkecil di dunia yang berbahasa Prancis.

Singapura

Singapura merupakan negara kepulauan yang terletak di ujung selatan Semenanjung Melayu. Negara ini terkenal sebagai tempat bisnis dan pariwisata, serta masuk dalam daftar negara kaya. Banyak pekerja asing yang hidup di sana, karena negeri itu memang mempekerjakan banyak tenaga kerja asing.

Singapura menempati urutan ke-2 di dunia sebagai negara paling padat di dunia, dengan total kepadatan penduduk lebih dari 6.300 orang per kilometer persegi.

Vatikan 

Vatikan adalah negara terkecil di dunia, yang luas wilayahnya cuma 0,44 kilometer persegi (108,7 hektar), dan merupakan daratan di Roma Italia. Sebagai pusat agama Katolik, Vatikan hanya menampung sekitar 821 warga.

Namun, karena kawasannya yang kecil, negara itu pun menempati peringkat ke-3 dalam hal kepadatan penduduk.

Maladewa

Maladewa adalah negara kepulauan yang terdiri dari sekelompok atolls, dan terletak di Samudra Hindia. Dengan luas wilayah 298 kilometer persegi, Maladewa dihuni oleh lebih dari 298.842 penduduk, sehingga menempatkannya di posisi ke-4 sebagai negara dengan kepadatan penduduk paling tinggi di dunia.

Bahrain

Terletak di batas wilayah negara pulau Teluk Persia, Bahrain adalah negara terkecil di kawasan Arab. Bahrain memiliki pertumbuhan ekonomi tercepat di wilayah Arab, dan itu menjadikan pertumbuhan penduduk meningkat tinggi akibat imigrasi dan pekerja tamu yang datang dari seluruh dunia.

Secara rata-rata, tingkat kepadatan penduduk di Bahrain adalah 987 orang per kilometer persegi.

Bangladesh

Bangladesh adalah negara kecil yang terletak di Asia Selatan, hampir dikelilingi oleh India. Dengan luas wilayah daratan 144.000 kilometer persegi (55.600 mil persegi), Bahrain memiliki kepadatan penduduk luar biasa, sehingga menjadi salah satu negara dengan kepadatan penduduk paling tinggi di dunia.

Nauru

Terletak di kepulauan Pasifik Selatan Micronesian, Nauru hanya memiliki luas wilayah 21 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi negara kepulauan terkecil di dunia, juga negara republik independen terkecil, serta satu-satunya negara republik di dunia tanpa modal resmi.

Ada sekitar 13.048 penduduk yang tinggal di negara pulau kecil ini.

Taiwan

Setelah Perang Saudara di Cina pada tahun 1949, Chiang Kai-shek bersama sekitar 1,3 juta pengungsi melarikan diri ke daratan Cina, dan membuat Republik Cina (ROC) di Taipei, yang kemudian menjadi Taiwan.

Negara yang merupakan pulau di Asia Timur lepas pantai daratan Cina itu kini menjadi sebuah negara industri yang paling padat penduduknya di antara negara-negara Asia.

Barbados

Barbados terletak di timur Laut Karibia, dan merupakan negara kepulauan independen di barat Samudera Atlantik. Luas wilayah yang dimiliki Barbados sekitar 430 kilometer persegi, dan memiliki penduduk relatif tinggi sekitar 279.000.

Barbados merupakan salah satu negara tujuan wisata para turis mancanegara. Meski begitu, Barbados juga merupakan negara dengan jumlah penduduk buta aksara tertinggi di dunia.

Malta

Merupakan negara kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau di Laut Mediterania, Malta adalah negara kecil yang padat. Setelah bergabung dengan Uni Eropa pada 2004, Malta mengalami peningkatan investasi dan ekonomi.

Seiring dengan itu, populasi penduduk di Malta juga meningkat, dan diperkirakan mencapai 404.039 jiwa. Kenyataan itu menjadikan Malta sebagai negara dengan kepadatan tertinggi di Uni Eropa, dan salah satu negara paling padat di dunia.


Related

World's Fact 384670819429198111

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item