Para Superhero yang Pernah Memakai Kostum Iron Man

Para Superhero yang Pernah Memakai Kostum Iron Man

Naviri Magazine - Iron Man adalah salah satu superhero terkenal dalam komik Marvel. Dia memiliki ciri yang mudah dikenali, yaitu kostum besi yang melindungi tubuhnya, serta dilengkapi berbagai persenjataan canggih. Kostum itu dibuat oleh Tony Stark, dan kostum itulah yang memungkinkan Tony Stark bisa memiliki kekuatan super.

Meski kostum pakaian besi identik dengan sosok Tony Stark atau Iron Man, namun ternyata bukan hanya Tony Stark yang memakainya. Ada beberapa superhero lain yang juga pernah memakai kostum tersebut, dan berikut ini di antaranya.

Rescue (Pepper Pots)

Kekasih Tony Stark ini sempat mengalami cedera yang mengakibatkan ia membutuhkan bagian tubuh tambahan. Hal serupa yang pernah dialami Tony. Sebagai bentuk perlindungan terhadap keselamatan Potts, Tony kemudian membuatkannya kostum Iron Man khusus.

Kostum yang disebut Mark 1616 itu sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai perangkat pencarian dan penyelamatan, sekaligus pertahanan diri. Itulah yang menjadi alasan Mark 1616 tidak memiliki persenjataan selengkap kostum Iron Man lainnya. Namun, tetap saja kostum ini tidak dapat diremehkan. Melalui penggunaan kostum, Pepper Potts kemudian menjadi superhero yang dikenal dengan sebutan Rescue.

Wolverine (Logan)

Tony Stark pernah mendesain kostum khusus untuk pertarungan di dalam air. Kostum bernama Armor 6 ini dapat digunakan hingga kedalaman 3 mil di bawah laut. Kelengkapan alat untuk pertempuran dari kostum ini luar biasa.

Armor 6 mempunyai perangkat torpedo mini, kemampuan pertahanan layaknya gurita dan belut listrik. Kostum ini juga memiliki turbin yang mendukung laju pergerakan di dalam air. Berbagai modifikasi juga kemudian dibuat untuk meningkatkan kapabilitas kostum ini. Hingga kemudian Model 35 dari Armor 6 dicuri oleh Wolverine.

Kostum Model 35 tersebut dikenakan Wolverine untuk bisa menemui Namor. Tidak disebutkan secara spesifik apa yang kemudian dilakukannya dengan baju Iron Man tersebut. Meski, tentu saja, Tony Stark tidak pernah membuatkan kostum khusus untuk dikenakan oleh manusia mutan ini.

Iron Lantern (Hal Stark)

Mungkin hanya sedikit orang yang tahu bahwa kostum Iron Man pernah digunakan oleh Hal Stark untuk menjadi Iron Lantern. Hal ini digambarkan pada komik Amalgam, yakni komik kombinasi antara karakter DC dan Marvel. Dalam serial terbatas itu, Iron Man bekerja sama dengan pasukan Green Lantern untuk membuat kostum khusus yang bisa menggabungkan kekuatan keduanya.

Kostum yang kemudian digunakan mempunyai kemampuan telepati, sinar plasma, pengendalian medan gaya, dan kekuatan super lainnya. Berdasarkan ilustrasi yang beredar, kostum ini berwarna hijau dengan lambang Green Lantern pada bagian dada.

Iron Spider (Peter Parker)

Berlatar belakang bumi-616, nyawa Peter Parker nyaris tak terselamatkan, setelah melalui pertarungan melawan Morlun. Sebagai pemberian atas dukungan Parker terhadap timnya dalam Civil War, Tony Stark membuatkannya kostum khusus. Kostum itu kemudian dikenal sebagai Iron Spider Armor.

Terlepas dari berbagai perlengkapan canggih yang disematkan dalam kostum ini, Parker melepaskan Iron Spider Armor. Alasan di balik keputusannya adalah perubahan dukungan dari tim Stark kepada tim Captain America. Beragam versi kostum ini terus dibuat. Demikian pula pemakainya yang terus berganti.

War Machine/Iron Patriot (James Rhodes)

Sahabat Tony Stark ini memang telah lama menaruh minat pada kostum Iron Man. Kekuatan yang luar biasa dari kostum ini tampak jelas dalam pertarungan di Sokovia. Persenjataan lengkap yang menyertai kostum tak kalah hebat dibandingkan dengan kostum Iron Man yang dikenakan oleh Stark.

Wajar saja, War Machine kemudian memperoleh tempat di dalam kelompok Avengers, ketika berhasil memberikan bantuan dalam pertarungan melawan Ultron.

Guardsman

Kondisi fisik yang kian menurun membuat Tony Stark memikirkan alternatif penjaga yang kuat, namun berbiaya lebih murah. Stark memutuskan untuk mendesain kostum Guardsman yang berbasis kostum MK IV. Kostum yang dibuatnya memang tampak tidak berbeda dari kostum yang biasa ia kenakan. Namun kostum Guardsman terlihat lebih ramping. Kostum itu juga tidak memiliki bagian mulut pada helm.

Malang bagi Kevin O’Brien, yang menjadi orang pertama untuk mencoba kostum ini. Adanya kerusakan pada kontrol cybernetic kostum, mengakibatkan O’Brien kehilangan kewarasannya. Guardsman sempat digunakan untuk melawan Stark. Namun, tentu saja, karena kostum Guardsman didesain dengan spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan kostum yang dikenakan Stark, Guardsman pun kalah.

Mandroid

Mandroid adalah kostum Iron Man yang dibuat khusus untuk S.H.I.E.L.D. Hanya 5 Mandroid yang sempat dibuat, dengan pengawasan langsung oleh Tony Stark. Kostum ini kemudian diproduksi secara massal oleh Stane International.

Produksi Mandroid sebenarnya sempat mendapat tentangan dari Tony Stark. Ia tidak setuju jika teknologi yang diperoleh dari kostum Iron Man justru dibuat dalam jumlah banyak. Dari sisi kegunaan, Mandroid tidak jauh berbeda dari fungsi kostum Iron Man lainnya. Hanya saja, kostum ini bisa digunakan oleh para agen S.H.I.E.L.D. dan bukan hanya spesifik untuk satu pemakai.

Baca juga: Timeline Avengers, dari Captain America Sampai Infinity War

Related

Film 5621801646680178337

Recent

item