Penjelasan di Balik “Kopi Sachet Terbakar” yang Kini Viral

Penjelasan di Balik “Kopi Sachet Terbakar” yang Kini Viral

Naviri Magazine - Ada video yang baru-baru ini ramai dibicarakan banyak orang, yang memperlihatkan sesuatu yang unik. Yaitu kopi sachet yang bisa terbakar. Dalam video, terlihat bubuk kopi yang diambil dari sachet rupanya bisa terbakar. Kenyataan itu mengejutkan banyak orang, karena tentu mereka tidak menyangka kalau kopi sachet bisa terbakar.

Sebagian orang pun bertanya-tanya, bagaimana bubuk kopi bisa terbakar? Dan amankah mengonsumsi kopi sachet yang bisa terbakar semacam itu? Berikut ini adalah penjelasan ilmiah mengenai terbakarnya bubuk kopi.

Terbentuknya api

Pertama-tama kita perlu tahu dulu, bagaimana sih terbentuknya api? Secara singkat, api dapat terbentuk apabila ada 4 unsur dalam perbandingan yang baik, yaitu (a) bahan bakar; (b) oksigen/zat pembakar; (c) panas/sumber nyala yang cukup; dan (d) reaksi radikal yang berlangsung secara berantai.

Nyala api yang tampak sebenarnya adalah massa zat yang sedang berpijar, yang dihasilkan di dalam proses kimia oksidasi, yang berlangsung secara cepat dan disertai pelepasan energi/panas. Rekasi radikal bebas dari bahan bakar yang telah dipanaskan akan mengalami perubahan fisik menjadi gas.

Terkait kopi sachet, bagaimana bisa terbakar? Jika dilihat dari 4 unsur di atas, penjelasan adalah:

(1) Komposisi serbuk kopi salah satunya dari krimer nabati, yang merupakan asam lemak tak jenuh. Asam lemak tak jenuh memiliki ikatan rangkap C=C, sehingga minyak nabati mudah teroksidasi oleh udara.

(2) Proses pembakaran dilakukan di ruang terbuka, sehingga oksigen juga tersedia.

(3) Panas atau sumber nyala yang digunakan dalam video yang beredar dari korek api, hal ini juga yang menyebabkan kopinya terbakar.

(4) Reaksi radikal bebas yang berlangsung secara berantai dari kopi yang terbakar berasal dari krimer nabati yang mudah terbakar, apalagi jika kandungan krimer dalam serbuk kopi sachet tergolong banyak. Tentu tingkat terbentuknya api lebih tinggi juga.

Lalu, amankah kita minum kopi sachet? Selama ada izin dari BPOM RI yang menangani bahan aman dalam makanan, dan MUI yang memberikan label halal pada produk makanan, tentu kopi sachet aman dikonsumsi.

Baca juga: Penjelasan di Balik “Kopi Sachet Terbakar” yang Kini Viral

Related

News 838890740059524407
item