Peradaban Khmer, Bangsa Kamboja Kuno yang Kini Punah

Peradaban Khmer, Bangsa Kamboja Kuno yang Kini Punah

Naviri Magazine - Pertama kali didirikan pada abad ke-9, Angkor Wat pernah menjadi pusat pra-industri terbesar di dunia. Sebagai kebanggaan dan lambang kekuasaan Kekaisaran Khmer, kota ini terkenal dengan kekayaan yang melimpah, warisan seni dan arsitektur yang mewah, jaringan saluran air yang canggih, serta waduk yang dioptimalkan untuk menyimpan air hujan untuk musim kemarau.

Namun, pada abad ke-15, kota menakjubkan ini dipenuhi limbah akibat eksploitasi lingkunan berlebih, dan krisis air yang disebabkan oleh fluktuasi iklim.

Seperti yang dikatakan ilmuwan Mary Beth Day kepada Live Science, “Angkor dapat menjadi contoh bahwa teknologi tak selalu cukup untuk mencegah keruntuhan peradaban selama masa-masa yang tak stabil.”

Angkor memiliki infrastruktur pengelolaan air yang sangat canggih, tetapi keberadaan teknologi ini tak cukup mencegah keruntuhan peradaban dalam menghadapi kondisi lingkungan yang ekstrem.

Baca juga: Misteri di Balik Hilangnya Peradaban Maya di Meksiko

Related

Insight 8467605951360873265

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item