Perbedaan Mimikri dan Kamuflase di Dunia Hewan

Perbedaan Mimikri dan Kamuflase di Dunia Hewan

Naviri Magazine - Mimikri adalah perubahan warna kulit bunglon untuk berbagai alasan, yang salah satunya agar serupa dengan warna lingkungan sekitarnya, sehingga keberadaannya tersamarkan. Bunglon adalah sejenis reptil yang termasuk dalam suku (familia) Agamidae.

Mimikri berbeda dengan kamuflase. Kamuflase adalah suatu metode yang memungkinkan sebuah organisme atau benda yang biasanya mudah terlihat menjadi tersamar atau sulit dibedakan dari lingkungan sekitarnya.

Misalnya adalah belang pada harimau, zebra, atau seragam tempur motif loreng pada tentara modern.

Apakah bunglon bisa mengubah kulitnya ke semua warna?

Bunglon memang memiliki kemampuan untuk mengubah warna kulitnya. Tetapi, bunglon tidak bisa mengubah kulit ke semua warna, melainkan hanya ke warna-warna tertentu saja.

Kemampuan bunglon yang menakjubkan itu dimungkinkan karena adanya fitur dalam tubuh bunglon yang mendukung fungsi tersebut.

Dengan adanya fitur itu, bunglon pun bisa mengubah warna kulitnya dalam beberapa warna berbeda. Itu tak jauh beda dengan empat warna tinta dalam mesin printer kita yang dapat menghasilkan berbagai warna berbeda.

Baca juga: Mengapa Cicak Tidak Jatuh ketika Jungkir Balik di Dinding?

Related

Science 5609951027949094433

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item