Pesawat-pesawat yang Pernah Mengunjungi Saturnus

Pesawat-pesawat yang Pernah Mengunjungi Saturnus

Naviri Magazine - Saturnus adalah sebuah planet yang terletak di tata surya, dan planet itu terkenal sebagai planet bercincin. Jarak Saturnus sangat jauh dari Matahari, sehingga Saturnus tampak tidak terlalu cerah dari Bumi.

Saturnus berevolusi dalam waktu 29,46 tahun. Setiap 378 hari, Bumi, Saturnus, dan Matahari, akan berada dalam satu garis lurus. Selain berevolusi, Saturnus juga berotasi dalam waktu yang sangat singkat, yaitu 10 jam 14 menit.

Planet Saturnus telah dikunjungi pesawat dari Bumi beberapa kali. Pada tahun 1979, pesawat Pioneer 11 mengunjungi planet Saturnus dan mengambil gambarnya, namun hasilnya tidak terlalu jelas.

Tahun 1980 dan 1981, secara berturut-turut pesawat Voyager 1 dan Voyager 2 juga datang ke planet tersebut untuk mengambil gambar. Kali ini hasilnya sangat bagus karena memiliki resolusi tinggi.

Kemudian, pada tahun 2004, pesawat Cassini-Huygens memasuki orbit Saturnus, lalu tahun berikutnya (2005) turun ke permukaan Titan, yang merupakan salah satu bulan di Saturnus.

Baca juga: Bumi Terancam Hantaman Asteroid Raksasa Pada Tahun 2029

Related

Science 1650485095326864378

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item