Mengenal Resensi Buku dan Aneka Manfaatnya

Mengenal Resensi Buku dan Aneka Manfaatnya

Naviri Magazine - Bagi para pembaca buku, resensi buku adalah hal penting. Melalui resensi, seorang pembaca buku bisa mengetahui apa kira-kira isi buku yang ingin dibaca atau dibelinya, apa keunggulan dan kelemahannya, dan lain-lain. Karena itulah ada banyak orang—yang tentunya juga pembaca buku—menulis resensi buku.

Istilah “resensi” dalam bahasa Latin disebut recensere, sementara dalam bahasa Inggris disebut review, dan bahasa Belanda menyebutnya recensie.

Semua kata dalam bahasa asing tersebut artinya kurang lebih “melihat kembali, menimbang, atau menilai”. Sementara itu, “resensi” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai “pertimbangan atau pembicaraan; ulasan”.

Pengertian paling sederhana dari resensi buku adalah sebuah tulisan yang dihasilkan dari usaha seorang pembaca, untuk memberikan komentar atas kesan buku yang sudah dibacanya. Komentar itu bisa berupa kritik dan pujian.

Di banyak negara, termasuk Indonesia, resensi buku dianggap penting, karena setidaknya memberikan dua manfaat. Pertama, memberi informasi kepada calon pembaca buku. Kedua, sebagai sarana promosi bagi penerbit buku, serta bagi penulis resensi.

Lebih lanjut, berikut adalah keuntungan resensi buku bagi para peresensi.

Pertama, keuntungan psikis: apabila resensi disambut pembaca, peresensi akan mendapat kebanggaan tersendiri sebab merasa memberi sesuatu kepada orang lain.

Kedua, dari segi jaringan: konsistensi dalam meresensi buku akan menabung nama si peresensi di benak pembaca, dan jaringan pergaulan pun perlahan akan semakin meluas, termasuk dengan para penerbit buku.

Ketiga, secara ekonomis: sejumlah penerbit buku yang merasa bukunya dipromosikan lewat resensi yang dibaca luas oleh pembaca, biasanya akan memberikan imbalan berupa buku dan sejumlah uang. Keempat, secara keilmuan: meresensi buku tentu saja dilalui dengan terlebih dulu membaca buku. Semakin banyak membaca buku, semakin banyak pula pengetahuan yang didapat.

Jejak tentang pentingnya resensi buku terpacak dalam sejumlah media di Indonesia yang menyediakan ruang untuk timbangan buku. Sebagai contoh, ada rubrik “Rehal” di majalah Forum, “Pustakaloka” di Kompas, “Buku” dan “Bookaholic” di Jawa Pos, “Buku” dan “Iqra” di majalah Tempo, “Review” di The Jakarta Post, dan “Bookshelf” di radio Eltira.

Seiring makin pesatnya perkembangan teknologi informasi, kini resensi buku tak hanya terdapat di sejumlah media cetak dan radio yang hanya menyajikan teks dan suara, tapi juga di berbagai media sosial yang telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat.

Selain itu, karena setiap orang dapat memublikasikan karya resensinya tanpa harus melewati saringan meja redaksi, jumlahnya pun semakin membengkak dan gaya penyampaiannya kian beragam.


Related

Books 5959469485748076950

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item