Robert Peary, Orang Pertama yang Mencapai Kutub Utara

Robert Peary, Orang Pertama yang Mencapai Kutub Utara

Naviri Magazine - Dilahirkan di Cresson, Pennsylvania, pada tahun 1856, Robert Edwin Peary adalah penjelajah berkebangsaan Amerika yang namanya dikenang hingga hari ini sebagai orang pertama di dunia yang mencapai Kutub Utara.

Penjelajahan ke Kutub Utara yang ditemani Matthew Henson dan empat orang Eskimo itu dianggap sebagai ekspedisi paling hebat dalam sejarah. Peristiwa itu terjadi pada 6 April 1909.

Kutub Utara dan Selatan adalah dua sasaran utama para petualang pada awal abad ke-20. Banyak penjelajah telah mencoba mencapai Kutub Utara dengan kapal, kereta salju, dan balon, tetapi semua jatuh, gagal, dan meninggal dalam usahanya.

Robert Peary adalah seorang insinyur sipil Angkatan Laut AS, dan dia bersama rekan-rekannya memulai penjelajahannya pada 1886. Tujuannya adalah untuk mencapai titik 90 derajat lintang utara di Kutub Utara.

Penjelajahan pertama mereka waktu itu sampai ke pedalaman Greenland, lalu pada 1891 mereka melanjutkan perjalanan hingga ke timur laut Greenland. Pada 1893, para penjelajah mulai berjalan menuju Kutub Utara.

Pada 1906, mereka hampir mencapai 88 derajat lintang utara, hanya 150 kilometer dari tujuan mereka. Pada 1908 hingga 1909, Peary dan Henson melakukan perjalanan ke Pulau Ellesmere dengan kapal penarik anjing yang berlari melintasi ratusan mil es untuk mencapai titik 90 derajat lintang utara, yang akhirnya berhasil dicapai tepat pada 6 April 1909.

Setelah 37 hari melalui perjalanan dingin di atas es, Peary dan timnya pun berhasil menancapkan bendera Amerika di utara bumi.

Baca juga: Biografi Kwame Nkrumah, Tokoh Pendiri Gerakan Non-Blok

Related

History 3056103403491452631

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item