Sejarah Ford Model T dan Lahirnya Revolusi Otomotif di Dunia

Sejarah Ford Model T dan Lahirnya Revolusi Otomotif di Dunia

Naviri Magazine - Untuk pertama kalinya, Ford Model T diproduksi di Pabrik Piquette di Detroit, Michigan, pada 12 Agustus 1908, dan mulai dijual pada 27 September 1908.

Ford Model T (juga dijuluki Tin Lizzy atau Flivver) adalah mobil Amerika yang dibuat antara tahun 1908 dan 1928 oleh Ford Motor Company. Model T adalah salah satu mobil terpenting dalam sejarah, karena merupakan mobil pertama yang dijual murah, sehingga membuatnya mudah bagi orang untuk bepergian dari suatu tempat ke tempat lain.

Revolusi dalam dunia otomotif itu dimulai ketika Henry Ford, pemilik Ford Motor Company, menyaksikan daging yang sedang dikemas ke dalam ban berjalan, yang memindahkan daging dari satu buruh kepada buruh lainnya agar daging itu bisa dipotong-potong.

Pada waktu itu, tidak seorang pun yang pernah berpikir menggunakan ban berjalan untuk merakit mobil. Ford tahu bahwa jika ia membuat mobilnya di ban berjalan semacam itu, maka ia bisa membuat mobil dengan lebih mudah dan lebih cepat, sekaligus dapat menjualnya dengan harga lebih murah.

Sebelum munculnya Model T yang dirakit melalui ban berjalan, proses pembuatan mobil menghabiskan banyak uang, sehingga harga jualnya sangat mahal. Akibatnya, hanya orang kaya yang mampu membelinya.

Pada waktu itu, mobil yang dibuat pada 1903 yang disebut Oldsmobile Curved Dash memiliki harga yang terjangkau, namun sangat sederhana dan lambat, sehingga lebih terlihat sebagai andong daripada mobil.

Mobil Ford Model T didesain oleh Henry Ford, Childe Harolde Wills, dan dua orang Hungaria, yakni József Galamb dan Jeno Farkas. Sedang sistem ban berjalan dibuat oleh Charles E. Sorensen dan Charles Lewis.

Model T memiliki 177 kubik inci (2,9 L) mesin bersilinder 4 yang memproduksi 20 daya kuda (15 kW) untuk kecepatan maksimum 45 mil per jam (72 km/jam). Mesinnya memiliki katup sisi dan 3 bantalan poros utama, dan hemat bahan bakar.

Salah satu pencapaian luar biasa dari digunakannya ban berjalan dalam produksi itu adalah pada pembuatan sasis. Pada waktu itu, pembuatan sasis mobil membutuhkan waktu 12 jam lebih. Namun, atas inovasi Ford, waktunya bisa dipersingkat menjadi cuma 1,5 jam.

Dengan inovasi-inovasi semacam itu, dalam satu tahun Ford bisa membuat sekitar 310 ribu mobil Model T, dan jumlah itu lebih banyak dari jumlah seluruh mobil yang bisa dibuat oleh 300-an pabrik mobil lain digabung menjadi satu. Pada akhirnya, tahun 1927, Ford bisa membuat satu mobil dalam setiap 24 detik.

Sejak Model T dilahirkan, orang jadi lebih mudah memiliki mobil, dan selama dua puluh tahun diproduksi, Ford Model T terjual lebih dari 15.000.000 unit di seluruh dunia. Jumlah itu tercapai pada 26 Mei 1927.

Baca juga: Kisah Penerbangan Helikopter Pertama Kali di Dunia

Related

History 6136333278879151259

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item