Mewaspadai Suara Keras yang Muncul dari Komputer atau Laptop

 Mewaspadai Suara Keras yang Muncul dari Komputer atau Laptop

Naviri Magazine - Komputer atau laptop sudah menjadi peranti yang digunakan semua orang saat ini, baik untuk bekerja atau untuk berselancar di internet dan mencari aneka informasi. Dalam keadaan normal, komputer atau laptop yang kita gunakan tentu tidak mengeluarkan suara apa pun. Paling-paling hanya suara mesin yang berdesir lembut, karena memang sedang digunakan.

Namun, ada kalanya, komputer atau laptop yang kita gunakan mengeluarkan suara-suara tertentu yang agak keras atau tidak wajar, dan kita pun bertanya-tanya apa yang terjadi. Kenyataannya, munculnya suara-suara tidak wajar apalagi keras dari komputer atau laptop memang patut diwaspadai, karena bisa menjadi tanda bahwa komputer atau laptop kita sedang bermasalah.

Berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya suara keras atau suara yang tidak wajar dari komputer atau laptop kita, serta apa yang harus dilakukan.

Hard drive bermasalah

Jika mendengar bunyi keras dari bagian mesin perangkat komputer, khususnya pada bagian hard drive, kita patut waspada. Kemungkinan besar bunyi tersebut berasal dari hard drive yang mulai bermasalah.

Di dalam hard drive terdapat sebuah piringan keras dan tebal, yang bekerja bersama sebuah lengan pemutar, untuk membuat hard drive terus berputar sambil menyalurkan informasi. Jika kita hanya mendengar suara-suara kecil dan lembut dari bagian hard drive, tidak perlu khawatir karena itu berarti hard drive baik-baik saja.

Sebaliknya, jika mendengar suara yang cukup keras dari bagian hard drive, biasanya itu berarti hard drive sedang mengalami masalah, entah pada bagian piringan atau lengan pemutarnya.

Jika hal tersebut terjadi, segera lakukan back-up data untuk menghindari risiko kehilangan data saat perangkat hard drive benar-benar rusak.

Optical drive bermasalah

Pada dasarnya, optical drive memiliki cara kerja yang serupa dengan hard drive. Optical drive akan memutar CD atau DVD di dalamnya menggunakan alat penggerak berbentuk lingkaran, yang bekerja sama dengan optik yang bertugas membaca dan menyalurkan informasi.

Suara yang ditimbulkan oleh optical drive yang bekerja secara baik tidak begitu keras dan halus, layaknya suara hard drive. Namun, jika kita mendengar suara keras ketika optical drive sedang membaca CD atau DVD, ada kemungkinan optical drive mengalami masalah dengan alat penggeraknya.

Tapi tidak perlu panik, karena suara tersebut juga bisa disebabkan oleh CD atau DVD yang dimasukkan sedang bermasalah, atau karena debu yang menempel pada optical drive terlalu banyak, sehingga menyulitkan optik melakukan pembacaan.

Kipas pendingin bermasalah

Kipas pendingin atau cooling fan merupakan alat yang bertugas mendinginkan suhu mesin di dalam perangkat komputer, agar tidak kelebihan panas yang dapat menyebabkan perangkat komputer mati tiba-tiba.

Tentunya sebagian kita sering mendengar kipas pendingin berputar dan mengeluarkan bunyi agak keras, dan umumnya kita berpikir karena perangkat komputer dipakai terlalu lama.

Namun, yang sebenarnya menyebabkan bunyi tersebut adalah banyaknya debu yang menempel pada kipas pendingin, sehingga menghambat perputaran kipas. Selain itu, ada juga kemungkinan putaran kipas pendingin tersentuh kabel di dekatnya, sehingga membuat putaran kipas terhambat.

Untuk masalah seperti ini, kita perlu mengecek kondisi kipas pendingin, apakah terdapat debu yang banyak sehingga menghambat kerja kipas pendingin, atau karena masalah kabel yang menyangkut.

Power supply bermasalah

Power supply merupakan komponen penting dalam perangkat komputer, yang bertugas mengatur serta menyalurkan daya listrik ke perangkat komputer. Tanpa adanya komponen ini, mustahil kita bisa menyalakan komputer atau laptop.

Power supply juga kadang memunculkan masalah, ketika mulai mengeluarkan bunyi keras saat proses shut down akan selesai. Jika kita pernah mengalami hal seperti ini, kita patut berhati-hati, dan segera lakukan pemeriksaan pada komponen power supply. Bunyi keras itu kemungkinan terjadi karena masalah pada kabel di dalam power supply, atau yang lebih parah lagi pada motherboard.

Jika cukup mahir melakukan pembongkaran power supply, lakukan pengecekan pada kabel yang mengalirkan listrik ke komponen lain, seperti motherboard, VGA dan hard drive. Jika tidak, carilah orang yang bisa membantu agar terhindar dari masalah yang bisa mengakibatkan komputer atau laptop mati secara tiba-tiba nantinya.

Speaker atau monitor bermasalah

Pernah mendengar bunyi keras yang keluar dari speaker atau monitor komputer ketika baru saja menyalakannya, atau sedang mengatur volume? Jika pernah, jangan disepelekan, karena hal itu bisa saja disebabkan oleh masalah pada komponen di dalam speaker. Hal ini juga bisa disebabkan oleh aliran listrik yang bertabrakan dengan sinyal analog dari perangkat speaker komputer.

Sementara untuk monitor atau LCD, hal seperti ini sangat jarang terjadi. Namun, kalau pernah mendengar monitor mengeluarkan suara bunyi mesin yang tidak biasa, cobalah periksa listrik monitor.

Baca juga: Di Masa Depan, Manusia Tidak Lagi Menggunakan Smartphone

Related

Technology 7945339127726649268

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item