Tempat-tempat untuk Menabung Emas Sebagai Investasi

Tempat-tempat untuk Menabung Emas Sebagai Investasi

Naviri Magazine - Emas adalah salah satu instrumen investasi yang cukup aman, karena harga emas relatif terus naik dari waktu ke waktu, sehingga tidak tergerus oleh inflasi. Salah satu cara berinvestasi emas yang mudah adalah dengan menabung emas.

Yang disebut menabung emas adalah melakukan aktivitas menabung seperti biasa, tetapi ditujukan untuk membeli emas. Setelah nilainya terakumulasi sesuai harga emas yang bisa dibeli, penabung bisa mengambilnya dalam bentuk emas, atau mencairkannya dalam bentuk uang yang disesuaikan dengan harga emas yang berlaku.

Jika tertarik menabung emas sebagai sarana investasi, berikut ini adalah tempat-tempat yang bisa digunakan untuk menabung.

1. Tabungan emas Pegadaian

Selain melayani jasa penggadaian barang, Pegadaian juga menjual emas secara tunai dan kredit. Seluruh emas yang dijual di Pegadaian berasal dari Antam. Salah satu program yang diusung Pegadaian adalah tabungan emas.

Program ini menyasar kelas menengah ke bawah yang ingin mencoba berinvestasi. Cara kerjanya juga mudah dan bisa diikuti siapa saja, mulai dari usia 21 tahun hingga 55 tahun.

Jika ingin memulainya, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka rekening di Pegadaian. Terdapat biaya administrasi sebesar Rp30 ribu, dan biaya titip emas sebesar Rp30 ribu per tahun.

Setoran minimal setara harga 0.01 gram sesuai kurs harian emas Pegadaian, yang diperbaharui setiap hari melalui situs resmi mereka. Di Pegadaian, kita dibebaskan untuk menabung secara harian, mingguan, atau bulanan. Ketika saldo sudah mencapai nominal 1 gram emas, kita bisa mengambil tabungan yang dimiliki.

2. Menabung emas di bank syariah

Alternatif tempat yang memiliki layanan menabung emas lainnya adalah bank syariah. Sama seperti layanan poduk lain pada bank syariah, terdapat akad perjanjian yang mengikat. Jangan khawatir, sebab sistem cicilannya juga sudah mengikuti sistem bagi hasil.

Sama seperti menabung emas di Pegadaian, seseorang yang berusia 21 tahun hingga 55 tahun bisa menikmati layanan menabung emas di bank syariah. Cara kerjanya juga hampir sama. Ketika memulai, kita pun diwajibkan untuk membayar uang muka atau DP. Kemudian menetapkan jumlah angsuran dan jangka waktu cicilan yang diinginkan.

Selama menabung, kita akan mendapatkan surat bukti kepemilikan emas dengan bentuk emas fisik yang disimpan oleh partner bank yang kita pilih. Setelah cicilan emas lunas, kita bisa mengambil emas milik kita secara utuh. Bank yang bisa menjadi pilihan seperti Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, BRI Syariah, atau Bank Muamalat.

3. Menabung emas di Antam

Perusahaan pemerintah lain yang menawarkan layanan tabungan emas adalah PT Aneka Tambang (Persero) atau yang lebih dikenal dengan Antam. Layanan ini diberi nama Brankas (Berencana Aman Kelola Emas). Nominal pembelian emas dimulai dari 1 gram, 2 gram, hingga 1.000 gram.

Produk Brankas dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu Brankas Individu untuk pelanggan personal, ?Brankas Corporate untuk korporasi yang ingin membuka akses investasi untuk karyawannya, dan Brankas Berzakat untuk pelanggan yang ingin menunaikan zakat. Setiap jenis kelompok memiliki ketentuan berbeda.

Bagi kita yang ingin menabung emas secara perorangan, dapat memilih juga jenis Brankas Individu Gold. Untuk produk ini, pelanggan akan dikenai biaya Rp300 ribu per tahun. Jaminan emas yang bisa dilindungi maksimal 500 gram, dengan masa titip 3 bulan. Selain itu, pelanggan diwajibkan memiliki saldo minimal 1 gram. Syarat membuka Brankas cukup mudah, karena hanya memerlukan KTP dan NPWP.

4. Bukalapak

Jika selama ini dikenal sebagai tempat untuk memperjualbelikan barang seperti pakaian dan makanan, salah satu situs belanja online di Indonesia, Bukalapak, juga ikut meluncurkan layanan investasi emas dengan fitur BukaEmas.

Bagi para pengguna Bukalapak yang ingin memiliki logam mulia atau emas dapat membelinya dengan berat mulai dari 0,005 gram atau mulai dari harga Rp3.000, dengan kelipatan 0,001.

Jika saldo emas pengguna sudah mencapai 0,5 gram, maka pengguna dapat mencairkan saldo emas miliknya. Pengguna juga dapat menjual kembali emas yang telah dibeli di BukaEmas kapan saja.

Selanjutnya, emas akan diantar langsung ke alamat pembeli, dan pengirimannya terasuransi atau barang akan diganti 100% jika ada kesalahan dari pihak logistik dalam proses pengiriman.

Seluruh emas yang diperjualbelikan merupakan produk resmi dari PT Aneka Tambang (ANTAM) dan terakreditasi LBMA (London Bullion Market Association). Jadi tak perlu khawatir akan keamanan dan keaslian dari BukaEmas.

Baca juga: Menabung Emas: Investasi yang Mudah, Ringan, dan Aman

Related

Money 4560304080760042273

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item