Inilah 11 Orang yang Mengubah Wajah Teknologi Dunia Modern

Inilah 11 Orang yang Mengubah Wajah Teknologi Dunia Modern

Naviri Magazine - Kita hidup di abad teknologi, ketika hampir semua hal dalam kehidupan kita tersentuh oleh teknologi. Saat ingin berkomunikasi, kita menggunakan ponsel yang makin hari makin canggih. Saat ingin mencari informasi atau pengetahuan baru, kita bisa membuka internet yang kini dapat diakses siapa pun dan dimana pun.

Dalam gaya hidup seperti berbelanja, teknologi juga membantu mempermudah urusan kita. Jika sebelumnya kita harus keluar rumah dan pergi ke toko atau swalayan, kini tinggal membuka toko online yang banyak bertebaran. Contoh-contoh itu hanya beberapa dari banyak teknologi lain yang kini menjadi wajah dunia kita.

Di balik teknologi-teknologi canggih serta aneka kemudahan yang diberikannya, ada orang-orang yang bisa dianggap penting di baliknya, karena merekalah yang ikut melahirkan berbagai teknologi tersebut. Sebelas orang ini di antaranya.

Steve Jobs

Terlahir dengan nama lengkap Steven Paul Jobs pada 24 Februari 1955 di San Francisco, California, Amerika Serikat, Steve Jobs menjadi salah seorang pendiri Apple, yang juga menjadi revolusioner dalam dunia mobile.

Walaupun tidak semua produk Apple merupakan hasil ciptaannya, namun sumbangsih ide dan juga trademark iPhone, iPod, dan iPad, melekat erat pada diri sang maestro ini.

Sempat dipecat dari perusahaan besutannya sendiri, Jobs akhirnya kembali dan membawa Apple dari jurang kehancuran. Sayangnya, pada 5 Oktober 2011, Jobs harus berpulang karena kanker pankreas yang dideritanya

Larry Page

Terlahir dengan nama lengkap Lawrence Edward Page pada 26 Maret 1973 di Lansing, Michigan, Amerika Serikat, Larry Page bersama partner-nya, Sergey Brin, berhasil membuat mesin pencari di dunia maya yang sampai sekarang menjadi tujuan utama pengguna internet dalam mencari informasi apa pun, yaitu Google.

Menjadi salah seorang pentolan di Google, membuat Page dinobatkan sebagai orang terkaya di posisi 27 dunia, menurut Forbes. Sayangnya, sekarang Page sedang mengalami masalah dengan kesehatannya, sehingga tidak begitu banyak beraktivitas di Google.

Bill Gates

Terlahir dengan nama lengkap William Henry Gates III pada 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington, Amerika Serikat, Bill Gates menjadi salah satu pendiri perusahaan yang dijadikan ikon teknologi komputer sekarang ini, Microsoft.

Walaupun sekarang sudah tidak berkecimpung secara langsung di Microsoft, namun sepak terjang perusahaan besutannya tidak lepas dari pengawasannya.

Sekarang, Gates bersama istrinya, Melinda, lebih banyak mendedikasikan hidup, waktu, dan kekayaannya, untuk sosial. Salah satunya dengan mendirikan yayasan yang diberi nama Bill and Melinda Gates Foundation.

Tim Cook

Terlahir dengan nama Timothy D Cook pada 1 November 1960 di Robertsdale, Alabama, Amerika Serikat, Tim Cook menjabat sebagai CEO Apple, menggantikan Steve Jobs di tahun 2011 lalu.

Dia sudah bekerja di Apple sejak tahun 1988. Namun kinerjanya mendapatkan banyak sorotan dari berbagai pihak, karena dianggap tidak begitu memahami dan meneruskan apa yang selama ini telah dibangun oleh Steve Jobs.

Jeff Besoz

Jeff Besoz, yang nama aslinya Jeffrey Preston Bezos, adalah pria kelahiran 12 Januari 1964 di Albuquerque, New Mexico, dan sekarang menjadi pendiri, direktur utama, CEO, sekaligus ketua dewan direktur, di Amazon.com.

Walaupun menjadi pendiri, gajinya di Amazon.com tidak pernah naik sejak tahun 1998. Dia masuk dalam kategori orang-orang sukses dan terkaya di dunia versi Forbes

Sergey Brin

Terlahir dengan nama Sergey Mikhailovich Brin pada 21 Agustus 1973 di Moskow, Rusia (Uni Sovyet pada saat itu), Sergey Brin bersama Larry Page berhasil membuat mesin pencari bernama Google, yang sampai sekarang masih dipercaya jutaan orang di dunia sebagai tempat untuk mencari informasi di internet.

Sebelum mendirikan Google, Sergey dan Page adalah dua sosok yang bertolak belakang, namun dari situlah semuanya berasal. Keduanya mencoba bekerja sama dengan membuat satu terobosan, dan akhirnya berhasil.

Mark Zuckerberg

Terlahir dengan nama Mark Elliot Zuckerberg pada 14 Mei 1984 di White Plains, New York, Amerika Serikat, Mark Zuckerberg menjadi pemuda terkaya di dunia, dan juga sebagai CEO jejaring sosial nomor satu dunia saat ini, Facebook.

Walaupun tidak dapat meneruskan kuliahnya di Harvard, namun ide briliannya yang dibangun bersama beberapa orang teman akhirnya membuat namanya melambung, dan mendapatkan pundi-pundi keuntungan yang sangat berlimpah.

Jony Ive

Terlahir dengan nama lengkap Sir Jonathan Paul Ive pada 27 Februari 1967 di Chingford, London, Inggris, sampai sekarang Jony Ive dipercaya oleh Apple untuk menjabat sebagai Wakil Presiden Senior Desain di perusahaan tersebut.

Kepintaran Ive di Apple yang menjadikannya sebagai orang yang memiliki peran sentral dalam produk-produk perusahaan Cupertino tersebut. Bahkan Steve Jobs pernah mengatakan bahwa Ive adalah rekan spiritualnya di Apple.

Steve Wozniak

Terlahir dengan nama Stephen Wozniak pada 11 Agustus 1950 di San Jose, California, Amerika Serikat, Steve Wozniak, atau juga lebih familiar dipanggil dengan sebutan Woz, menjadi salah satu pendiri Apple bersama Steve Jobs.

Walaupun tidak sepiawai Jobs dalam memasarkan produk atau juga dalam ide-ide desain perangkat, namun ide jeniusnya dalam menciptakan dan merancang sesuatu tidak dapat dipandang remeh

Sheryl Sandberg

Terlahir dengan nama Sheryl Kara Sandberg pada 28 Agustus 1969 di Washington DC, Amerika Serikat, Sheryl Sandberg sekarang menduduki tempat yang cukup prestisius, yaitu sebagai COO di Facebook, mendampingi Mark Zuckerberg sebagai CEO.

Sheryl dulunya bekerja di Google sebagai Wakil Presiden Global Online Sales and Operations. Dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Departemen Keuangan Amerika Serikat, sebelum bekerja di Google.

Steve Ballmer

Steven Anthony Ballmer lahir pada 24 Maret 1955 di Detroit, Michigan, Amerika Serikat. Steve Ballmer adalah mantan CEO Microsoft Corporation.

Selain Bill Gates yang mendirikan Microsoft, Ballmer adalah orang terlama di perusahaan tersebut. Sebelum menjadi CEO, Ballmer pernah mengepalai berbagai divisi di Microsoft

Baca juga: Kisah 5 CEO yang Malah Membuat Bangkrut Perusahaannya

Related

Technology 3941048768578969970
item