Mengenal 3 Macam Deposito, Keunggulan dan Kelemahannya

Mengenal 3 Macam Deposito, Keunggulan dan Kelemahannya

Naviri Magazine - Deposito adalah instrumen investasi yang bisa dibilang paling mudah sekaligus aman. Mudah, karena yang perlu kita lakukan hanya menyimpan uang tersebut di bank, pada instrumen deposito. Dan aman, karena deposito akan dijamin oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan.

Karena kemudahan dan keamanannya, banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk deposito. Apakah kita juga tertarik untuk menyimpan uang dalam deposito?

Dalam hal ini, kita perlu tahu bahwa deposito terdiri dari beberapa jenis. Apabila tertarik membeli deposito, pahami dulu beberapa jenis deposito, yaitu Deposito Berjangka, Deposito On Call, dan Sertifikat Deposito.

Deposito Berjangka

Bentuk deposito ini yang paling umum. Seperti namanya, deposito ini memiliki jangka waktu tertentu, yaitu 1, 2, 3, 6, 12, 18, atau 24 bulan. Nasabah hanya dapat mencairkan dana sesuai tanggal yang disepakati dengan bank. Deposito berjangka terbit atas nama perorangan atau lembaga.

Pada deposito berjangka, terdapat dua sistem yang memudahkan nasabah, yaitu Automatic Roll Over dan Non Automatic Roll Over. Deposito Automatic Roll Over merupakan deposito yang akan diperpanjang otomatis oleh pihak bank apabila jatuh tempo. Sedangkan Deposito Non Automatic Roll Over tidak akan diperpanjang otomatis.

Sertifikat Deposito

Bentuk selanjutnya adalah Sertifikat Deposito. Deposito dalam bentuk ini memiliki sertifikat, sehingga dapat diperjualbelikan atau pindah tangan ke orang lain. Pada sertifikat deposito, bunga bisa dibayarkan di awal saat nasabah menempatkan dana.

Deposito On Call

Deposito On Call merupakan deposito dengan jumlah besar, mencapai puluhan hingga ratusan juta. Deposito On Call memiliki jangka waktu lebih singkat, yaitu minimal 7 hari dan maksimal kurang dari satu bulan.

Kelebihannya adalah suku bunga tidak mengikuti ketentuan bank, tetapi berdasarkan negosiasi dengan pihak bank.

Baca juga: Fakta-fakta Penting Seputar Deposito yang Perlu Kita Tahu

Related

Money 3379293457881171118

Recent

item