Amazon, Hutan yang Membantu Menstabilkan Iklim Bumi

 Amazon, Hutan yang Membantu Menstabilkan Iklim Bumi

Naviri Magazine - Berdasarkan wilayah geografis dan jumlah penduduk, Brazil termasuk negara terbesar di dunia. Dalam hal kekayaan hutan, Brazil menjadi negara kedua yang memiliki hutan terbesar di dunia, dengan luas mencapai 4.776.980 kilometer persegi. Jumlah itu merupakan 55,37 persen dari total wilayah Brazil.

Selain itu, Brazil adalah rumah bagi hutan tropis terbesar di dunia, yakni hutan Amazon, yang menutupi hampir 9 negara termasuk Brazil. Hutan hujan Amazon menyumbang lebih dari setengah hutan hujan di bumi.

Amazon mengandung sekitar 140.000.000.000 metrik ton karbon, yang membantu menstabilkan iklim bumi, serta menghasilkan sekitar 20 persen oksigen bumi melalui pengubahan karbondioksida menjadi oksigen.

Hutan Atlantik juga ditemukan di Brazil, di pantainya yang membentang dari Brazil ke Paraguay dan Argentina. Namun, hanya 7 persen hutan yang masih utuh, menjadi tempat kehidupan ribuan spesies hewan, termasuk jaguar, tapir, dan monyet howler.

Baca juga: Sepertiga Permukaan Tanah Kanada Tertutup Pohon dan Hutan

Related

World's Fact 894855573775137278

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item