Rupanya Ini yang Bikin Anak-anak Kecil Suka Bermain Balon

Rupanya Ini yang Bikin Anak-anak Kecil Suka Bermain Balon

Naviri Magazine - Bagi orang-orang dewasa, balon mungkin bukan benda yang menarik. Tetapi, bagi anak-anak kecil, balon adalah sesuatu yang menarik. Sebegitu menarik, hingga mereka bisa asyik bermain berjam-jam hanya dengan balon. Saat melihat penjual balon lewat, mereka juga menangis, merengek, meminta dibelikan balon.

Pernah terpikir atau penasaran apa yang membuat anak-anak suka balon? Ternyata karena balon biasanya berwarna cerah, besar, dan memiliki sifat yang sangat 'berbeda' bila dibandingkan dengan benda-benda di sekitar anak.

Untuk anak, tekstur balon yang sudah ditiup sangat menarik. Meski tampak mengilat dan licin, balon tidak tergelincir saat dipegang oleh anak. Bila menggosok-gosokkan jari-jarinya pada balon, anak juga akan merasakan resistensi dan mendengar suara yang khas.

Balon juga umumnya berukuran besar, tapi tidak berat. Ini menarik untuk anak, karena ia tahu benda yang berukuran besar biasanya berat. Mampu dengan mudah mengangkat, mendorong, menendang, bahkan melambungkan benda besar ke udara, tentu memberi mereka kesenangan tersendiri.

Belum lagi soal bagaimana balon bisa terbang! Aneh tapi seru di mata mereka. Balon helium bahkan lebih aneh lagi, karena bisa melayang dan terus terbang tinggi dan tidak turun lagi! Inilah kenapa balon bagi anak sangat berbeda (dan menarik) dari kebanyakan hal lain di sekitarnya.

Meski begitu, tentu saja bagi anak ada juga hal yang tidak menyenangkan dari balon. Yaitu balon bisa kempes atau meletus. Anak bisa menangis karena merasa kehilangan atau ketakutan.

Anda juga perlu waspada ketika anak bermain balon. Pecahan balon yang meletus bisa menimbulkan bahaya tersedak serius pada anak. Pasalnya, balon yang tertelan bisa menutup jalur napas anak!

Karena itu, selalu pastikan ada orang dewasa yang mengawasi anak saat bermain balon, dan jangan biarkan anak bermain dengan balon yang sudah kempes. Segera buang atau jauhkan dari jangkauan anak. Jangan sampai anak secara sengaja atau pun tidak memasukkan pecahan balon ke mulutnya.

Baca juga: Anak Kecil Sulit Membedakan Fantasi dan Kenyataan

Related

Parenting 7307137890328921454

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item