Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Siapa Penggantinya?

Mengenal Operasi London Bridge, yang Bergema usai Ratu Elizabeth Wafat

Ratu Inggris, Elizabeth II, tutup usia pada Kamis siang waktu setempat. Sang ratu, penguasa terlama di Inggris dan pemimpin tertua di dunia, meninggal pada usia 96 tahun.

Ini membuat Pangeran Charles langsung menjadi raja. Dalam permintaan terakhirnya beberapa waktu lalu, istri Charles, Camilla, juga diangkat sebagai Permaisuri.

"Dan ketika, pada waktunya, putra saya Charles menjadi Raja, saya tahu Anda akan memberinya dan istrinya, Camilla, dukungan yang sama yang telah Anda berikan kepada saya," katanya, Februari silam dikutip Jumat (9/9/2022).

"Dan merupakan harapan tulus saya bahwa ketika saatnya tiba, Camilla akan dikenal sebagai Permaisuri saat dia melanjutkan pengabdiannya yang setia," tambahnya.

Permintaan tersebut disampaikan dalam sebuah pesan yang menandai peringatan 70 tahun sejak Ratu Elizabeth II pertama kali naik takhta pada tahun 1952. Masa kepemimpinannya rekor setelah melampaui sang buyut Ratu Victoria, memerintah 63 tahun.

Gelar Baru Pangeran William dan Kate

Pangeran William mendapatkan gelar baru setelah sang nenek, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9). Ia dan sang istri, Kate Middleton, bergelar Duke dan Duchess of Cornwall serta Cambridge.

Nama media sosial resmi William dan Kate juga telah berubah, kini menjadi "The Duke and Duchess of Cornwall and Cambridge."

Seperti diberitakan The Guardian, Pangeran William tak secara otomatis menjadi Prince of Wales meski kini menjadi pewaris takhta. Prince of Wales adalah gelar yang harus diberikan sang ayah, Raja Charles III. Dulu, Charles menjadi Prince of Wales pada 1958 dan dikukuhkan lewat penobatan pada 1969.

Charles kini menjadi Raja Inggris setelah sang ibu tutup usia. Inggris mengumumkan secara resmi raja baru mereka dikenal sebagai Raja Charles III.

Charles merupakan orang yang paling lama menunggu untuk menjadi Raja Inggris sepanjang sejarah. Ia telah menunggu hampir sepanjang hidupnya untuk mengambil alih takhta dari ibunya, Ratu Elizabeth II.

Kala itu, Pangeran Charles, Putra tertua Ratu Elizabeth II, baru berusia tiga tahun dan kini Prince of Wales tersebut telah berusia 73 tahun.

Ratu Elizabeth II telah memerintah dan bertakhta di Inggris lebih lama daripada raja-raja lainnya dalam sejarah Inggris. Kini, sang Ratu telah tiada. Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9) setelah dikabarkan kondisi kesehatannya mengkhawatirkan pada pagi hari.

Kondisi tersebut membuat Pangeran Charles menjadi Raja Inggris. Charles kemudian memberikan keterangan resmi untuk pertama kalinya sejak jadi Raja Inggris mengenai ibunya, Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia.

Raja Charles III mengatakan hal itu merupakan kesedihan amat mendalam baginya dan seluruh keluarga.

"Meninggalnya Ibunda tercinta, Yang Mulia Ratu, merupakan momen kesedihan terbesar bagi saya dan seluruh anggota keluarga saya," kata Raja Charles III.

Related

News 3080411655829836517

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item