Ini Bank yang Memberi Bunga Deposito Tertinggi di Indonesia

Ini Bank yang Memberi Bunga Deposito Tertinggi di Indonesia

Naviri Magazine - Deposito adalah salah satu investasi yang tergolong mudah sekaligus aman. Karena itu pula, banyak orang yang berinvestasi pada deposito. Sayangnya, hasil yang diperoleh dari deposito terhitung kecil, rata-rata bank hanya memberikan bunga 5-6 persen per tahun.

Karenanya, kalau kita ingin berinvestasi dalam bentuk deposito, hal penting yang perlu diperhatikan adalah memilih bank yang memberi bunga deposito tertinggi. Dalam hal ini, salah satu bank yang memberi bunga deposito relatif besar adalah Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Bagaimana tidak, jika bunga yang ditawarkan sampai dengan 9%.

Batas minimal deposito di BPR biasanya adalah sebesar Rp 1.000.000. Nasabah bisa mengambil pilihan jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan. Bunga yang ditawarkan pada awal adalah sebesar 8,5% per tahun.

"Deposito berjangka dengan rate bunga 8,5% per tahun. Ini berlaku untuk semua 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan seterusnya. Kita untuk minimal deposito dari Rp 1 juta sampai maksimum Rp 2 miliar," ungkap customer sevice (CS) dari salah satu BPR di DKI Jakarta, yang berlokasi di Kebun Sirih.

Akan tetapi, saat perpanjangan, bunga deposito secara otomatis langsung naik menjadi 9%. Ini merupakan batas maksimal dari bunga deposito di bank tersebut sampai perpanjangan selanjutnya.

"Nanti biasanya ketika perpanjangan itu jadi 9%. Misalnya kan nasabah diperpanjang gitu ya, dari 3 bulan itu langsung otomatis naik jadi 9%. Itu maksimal," ujarnya.

Untuk memiliki deposito, nasabah cukup datang ke kantor BPR. Nasabah bisa membawa uang dalam bentuk tunai, atau menggunakan jasa transfer dari bank umum lainnya. Misalnya nasabah ingin deposito Rp 5 juta, nanti otomatis dapat bunga Rp 425.000 per tahun dengan bunga 8,5%.

"Kalau mau transfer tinggal konfirmasi saja ke kita. Terus kasih bank korespondennya, jadi ntar pas ke sini cuma ngambil bill, kemudian tanda tangan aplikasi. Tapi kalau mau datang langsung, itu juga bisa untuk tunai," paparnya.

Saat berakhirnya jangka waktu untuk deposito, bank akan menghubungi nasabah. Biasanya akan dilakukan 3 hari sebelum jatuh tempo. Nasabah bisa memberikan konfirmasi apakah ingin deposito ditarik atau diperpanjang.

"Kita sebelum masa berakhir itu akan ada masa persetujuan konfirmasi dari nasabah. Jadi 2 hari sebelum jatuh tempo, atau 3 hari lah biasanya, akan kita hubungi by phone," terangnya.

Sementara itu, jika melihat kepada bank-bank umum lainnya, bunga deposito yang ditawarkan hanya berkisar pada angka 5%-6%. Seperti halnya pada bank Mandiri, untuk investasi di bawah Rp 50 juta (3 bulan) bunganya 6%.

Kemudian untuk bank BNI dengan deposito di bawah Rp 100 juta, maka bunga yang ditawarkan adalah 5,50%. Sedangkan BCA, dengan nominal yang sama, bunganya sebesar 5,75%. LPS sendiri mematok bunga simpanan yang dijamin di BPR maksimal 9,75%.

Baca juga: Setoran Awal Minimal untuk Membuka Deposito di Bank

Related

Money 8983827934420114498
item