Sekarang, Beli Rumah Lewat KPR Bisa Tanpa Uang Muka

Sekarang, Beli Rumah Lewat KPR Bisa Tanpa Uang Muka

Naviri Magazine - Memiliki rumah sendiri adalah dambaan semua orang, khususnya bagi yang sudah menikah atau berkeluarga. Namun, memiliki rumah bukan urusan mudah, karena harganya yang mahal. Meski ada sarana KPR yang lebih ringan, tetap saja sebagian orang masih merasa berat, karena adanya kewajiban membayar uang muka yang lumayan besar.

Kini ada kabar bagus untuk orang-orang yang ingin membeli rumah lewat KPR. Pasalnya, Bank Indonesia (BI) baru saja memberi kelonggaran untuk beli rumah tanpa uang muka.

Bank Indonesia kembali melonggarkan kebijakan loan to value ratio (LTV). Melalui kebijakan ini, kamu bisa membeli rumah pertama secara kredit tanpa DP sesuai kebijakan masing-masing perbankan.

Namun, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Erwin Rijanto, menegaskan kebijakan ini bukan kebijakan DP nol rupiah atau nol persen. Erwin bilang, ketentuan uang muka diserahkan pada pihak manajemen risiko masing-masing bank.

"Pangaturan ini memberi kelonggaran dalam arti untuk first time buyer. Kami tidak mengatur, dan ini bukan DP 0 Persen. Artinya kita serahkan pada manajemen risiko yang ada di bank," kata Erwin.

Erwin yakin, penyesuaian LTV akan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat memulai cicilan rumah pertama. “Aturan kami sudah cukup ketat. Yang boleh memanfaatkan kebijakan ini adalah (bank) yang pertumbuhan kredit macetnya di bawah 5%," kata dia.

Baca juga: Upaya Mencari Bunga KPR yang Paling Rendah

Related

News 538985638465448030

Recent

item