Bermain Games Bisa Menurunkan Risiko Ejakulasi Dini

Bermain Games Bisa Menurunkan Risiko Ejakulasi Dini

Naviri Magazine - Apa hubungan bermain video games dengan ejakulasi dini? Sepintas, mungkin tidak ada hubungannya. Namun, berdasarkan penelitian, ternyata bermain games bisa membantu pria dalam menurunkan risiko ejakulasi dini.

Meski juga dimainkan wanita, games selama ini diidentikkan sebagai hobi kaum pria. Ini mengacu dari gambaran di Amerika Serikat (AS) berdasarkan Entertainment Software Association (ESA) 2013, bahwa 55 persen populasi pemain games adalah laki-laki.

Selain itu, 68 persen pemain games adalah orang yang sudah dewasa atau berusia di atas 18 tahun. Sebuah studi mengungkap adanya hubungan antara video games dengan kesehatan seksualitas laki-laki.

Penelitian berjudul Relationship Between Use of Videogames and Sexual Health in Adult Males, yang dipublikasikan di Journal of Sexual Medicine, menyebut pria yang hobi main video games punya prevalensi yang rendah mengalami ejakulasi dini dibandingkan yang bukan pemain games.

Survei itu dilakukan pada 2014 oleh Andrea Sansone dan kawan-kawan, dari Sapienza University of Rome, terhadap 396 pria berusia 18-50 tahun. Dari jumlah itu, sebanyak 287 adalah pemain games, dengan bermain games lebih dari 1 jam per hari, dan 109 lainnya bukan pemain games.

Dari studi tersebut, ditemukan kajian bahwa bermain games minimal satu jam sehari mengurangi risiko ejakulasi dini terhadap laki-laki. Tak sampai di situ saja, games juga dianggap bisa mengurangi stres pada laki-laki.

Sayangnya, tak ada penjelasan hubungan tingkat ejakulasi dini yang menurun dan hasrat seksual dini yang rendah terhadap orang yang gemar main games. Namun, apapun hasilnya, segala kegiatan yang berlebihan apalagi mengganggu kegiatan lainnya justru perlu diseimbangkan.

Baca juga: Perkembangan Robot Seks dan Masalah yang Ditimbulkannya

Related

Sexology 3634370707808843175
item