Mengapa Bulu di Tubuh Harimau Loreng-loreng?

Mengapa Bulu di Tubuh Harimau Loreng-loreng?

Naviri Magazine - Garis-garis di bulu harimau adalah bentuk alamiah kamuflase. Harimau, yang merupakan salah satu keluarga kucing yang terbesar, paling banyak ditemukan di Asia Tengah dan Selatan.

Sebagian besar wilayah harimau adalah hutan atau padang rumput, dan belang-belang pada tubuh harimau serupa dengan bambu dan atau rumput yang banyak tumbuh di sana.

Loreng-loreng pada tubuh harimau sulit terlihat ketika ia berada di habitatnya, dan merupakan keuntungan utama ketika harimau berburu mangsa.

Apa perbedaan harimau Sumatera dengan harimau lain?

Harimau Sumatera memiliki ukuran paling kecil di antara semua jenis harimau, sehingga cukup mudah dibedakan dengan harimau lain. Harimau Sumatera jantan memiliki panjang rata-rata 2,4 meter dari kepala sampai ekor, dengan berat sekitar 150 kilogram. Sedang betinanya memiliki panjang sekitar 2 meter, dengan berat sekitar 100 kilogram.

Selain itu, harimau Sumatera memiliki warna tubuh lebih gelap dibanding harimau lain, belang-belangnya lebih tipis dan lebar, dengan jarak antar belang lebih dekat. Kemudian, janggut serta surai harimau Sumatera lebih banyak, terutama pada harimau jantan.

Yang paling khas, harimau Sumatera hanya bisa ditemui di pulau Sumatera. Mereka biasa mendiami dataran rendah, hutan pegunungam, atau di tempat-tempat yang tak terganggu manusia.


Related

Science 945204806554398680

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item