10 Bunker Rahasia yang Disiapkan untuk Berlindung dari Perang Nuklir

 10 Bunker Rahasia yang Disiapkan untuk Berlindung dari Perang Nuklir

Naviri Magazine - Apakah dunia saat ini aman dan baik-baik saja? Mungkin, ya. Tetapi, tak bisa disangkal bahwa peperangan terjadi di berbagai tempat, meski sifatnya masih lokal. Ada satu negara yang berperang dengan negara lain, sementara negara lainnya bersitegang dengan negara lain lagi.

Bagaimana pun, dunia tidak bisa dibilang baik-baik saja, karena potensi dan ancaman terjadinya perang benar-benar ada, khususnya perang berskala besar. Yang mengerikan, jika perang berskala global benar-benar terjadi, perang itu akan melibatkan senjata-senjata nuklir, karena ada negara-negara yang saat ini memiliki persenjataan nuklir.

Karena kekhawatiran itu pula, diam-diam berbagai pihak telah mulai membangun bunker-bunker rahasia di bawah tanah, dengan harapan bisa dijadikan tempat berlindung jika perang nuklir benar-benar terjadi. Di antara banyak bunker rahasia yang ada, berikut ini sepuluh di antaranya.

1. Svalbard Global Seed Vault (Norwegia)

Svalbard Global Seed Vault adalah bunker yang terletak di Arktik, Norwegia, pada jarak hanya 810 mil dari Kutub Utara. Bunker ini bertindak seperti Bahtera Nuh, dan dirancang untuk menyimpan serta melindungi berbagai jenis benih tumbuhan.

2. Denver International Airport (Colorado)

Bandara ini adalah salah satu yang terbesar dan tersibuk di dunia. Bandara ini luasnya 53 mil persegi, dan dikabarkan memiliki bunker di bawahnya, padahal di atasnya hanya hamparan datar. Lima bangunan bawah tanah telah dibangun di sana, dan kemudian di atasnya ada bangunan baru.

3. Shanghai Complex (Cina)

Sebagian besar rincian fasilitas ini telah disimpan dan dibuat tersembunyi, tapi kemudian tercium media. Bunker Shanghai Complex mencakup satu juta kaki persegi, dan mampu menampung hingga 200.000 orang. Penampungan tersebut memiliki kemampuan untuk menahan ledakan, radiasi nuklir, dan gas beracun.

4. Burlington Bunker (UK)

Ini adalah kota yang luasnya 35 hektar, dan terletak 100 kaki di bawah permukaan Corsham. Bunker ini dibangun oleh pemerintah Inggris pada tahun 1950. Penampungan ini bisa mengakomodasi 6.000 orang, dan mampu bertahan selama 3 bulan, serta dapat menahan serangan nuklir.

5. Greenbrier Bunker (Virginia)

Pemerintah AS membangun tambahan bangunan bawah tanah di hotel ini pada tahun 1958, dan membangun 120.000 kaki persegi bunker di bawahnya. Bunker ini baru terungkap pada tahun 1990.

6. Iron Mountain (Massachusetts)

Benteng bawah tanah ini awalnya dibangun sebuah perusahaan jasa manajemen informasi perusahaan. Meskipun awalnya tidak dimaksudkan untuk menjadi bunker bertahan hidup, tempat ini memiliki predikat sebagai salah satu tempat paling aman di bumi. Benteng ini memiliki luas 10.000 kaki persegi.

7. Moscow Metro (Rusia)

Sistem kereta bawah tanah ini juga merupakan sistem bawah tanah yang melindungi rahasia bunker di sana. Ini adalah kota yang tersembunyi di bawah Moskow. Sebagian besar Metro dibangun oleh Stalin selama Perang Dingin.

8. Raven Rock Mountain Complex (Pennsylvania-Maryland)

Ada lima bangunan dengan tiga lantai di kompleks ini, untuk memindahkan markas Pentagon jika terjadi perang nuklir. Fasilitas di kompleks ini berisi semua hal yang dibutuhkan, termasuk klinik gigi, snack bar, toko, tukang cukur, bahkan kedai kopi.

9. Cheyenne Mountain (Colorado)

Terletak 2.000 kaki di bawah tanah, fasilitas ini awalnya dirancang untuk menahan ledakan nuklir 5 megaton pada jarak 1,7 mil. Tempat ini mungkin yang paling aman di seluruh Colorado.

10. Gunung Cuaca (Virginia)

Fasilitas komando sipil di bunker ini juga digunakan sebagai pusat komando untuk Federal Emergency Management Agency (FEMA). Tempat ini telah diperkaya tidak hanya dengan bangunan di atas permukaan, tapi juga bangunan bawah tanah.

Baca juga: Fakta-fakta Aneh dan Mengerikan Seputar Kutub Utara

Related

World's Fact 3339222876450840773

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item