Cara Mengurus Kartu ATM yang Hilang atau Tertelan Mesin

Cara Mengurus Kartu ATM yang Hilang atau Tertelan Mesin

Naviri Magazine - Sepertinya setiap kita saat ini telah mengantongi kartu ATM, yaitu kartu yang bisa digunakan untuk mengambil uang tunai di mesin ATM. Beberapa kartu ATM bahkan bisa difungsikan untuk hal lain, semisal sebagai kartu debit.

Saat menggunakan kartu ATM untuk keperluan sehari-hari, ada kalanya masalah muncul, semisal kartu ATM tertelan mesin. Atau, bisa jadi, suatu hari kartu ATM kita tiba-tiba hilang entah kemana. Apa yang harus dilakukan saat kartu ATM hilang atau tertelan mesin ATM?

Ketika kartu ATM hilang atau tertelan mesin, Anda bisa menghubungi call center bank terkait. Khususnya jika waktu hilang atau tertelannya kartu ATM pada sore atau malam hari dan pada akhir pekan. Anda sebaiknya menghubungi call center untuk memblokir rekening tabungan Anda sementara.

Namun, apabila waktu hilang atau tertelannya kartu ATM pada jam dan hari kerja, Anda bisa langsung datang ke kantor cabang bank penerbit kartu ATM terdekat, tanpa menghubungi call center lebih dulu.

Jika telah dilakukan pemblokiran sementara, rekening tabungan Anda akan aman dari kemungkinan tindak kejahatan perbankan. Sebagai pengganti kartu ATM yang tertelan, Anda perlu membuat kartu ATM baru. Untuk hal ini, Anda harus datang langsung ke kantor cabang bank terkait atau cabang, di mana Anda membuka rekening tabungan.

Untuk keperluan pembuatan kartu ATM baru, Anda harus melengkapi persyaratan standar berupa kartu identitas diri berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan buku tabungan.

Sesampai di kantor cabang bank terkait, segeralah mengambil nomor antrean untuk bagian customer service. Jika antrean cukup panjang, Anda harus sabar menunggu sampai tiba giliran Anda dipanggil. Siapkan berkas dokumen yang disyaratkan, yakni KTP dan buku tabungan.

Apabila sudah tiba giliran Anda, sampaikan masalah Anda pada petugas customer service bank, bahwa kartu ATM hilang atau tertelan, dan Anda ingin membuat kartu baru. Serahkan dokumen yang telah Anda siapkan pada petugas customer service.

Petugas customer service akan melakukan verifikasi data Anda, dengan mengajukan beberapa pertanyaan seputar data diri Anda, seperti nama dan alamat lengkap, nama ibu kandung, dan lokasi tertelannya kartu ATM.

Setelah terverifikasi, petugas customer service akan memberikan formulir pengajuan penerbitan kartu ATM baru, yang harus Anda isi. Isilah formulir tersebut sesuai data diri Anda.

Setelah pengisian formulir selesai, serahkan kembali pada customer service untuk segera diproses. Dalam waktu singkat, customer service akan memberi kartu ATM baru yang bisa langsung diaktifkan.

Untuk hal ini, Anda akan diminta memasukkan PIN guna mengaktifkan kartu ATM baru tersebut, pada mesin Electronic Data Capture (EDC). Untuk pembuatan kartu ATM baru tersebut, Anda akan dikenakan biaya yang nominalnya tergantung pada kebijakan masing-masing bank.

Nah, kini Anda sudah memiliki kartu ATM baru yang bisa digunakan untuk mempermudah transaksi perbankan Anda.

Baca juga: Di Belanda, Banyak Penjara Tutup Karena Kekurangan Narapidana

Related

Tips 5653845173925000986
item