Begini Cara Unta Menggunakan Cadangan Air Dalam Tubuhnya

Begini Cara Unta Menggunakan Cadangan Air Dalam Tubuhnya

Naviri Magazine - Unta menyimpan cadangan air pada seluruh bagian tubuhnya. Ketika membutuhkan air, tubuh unta pertama-tama akan mendapatkan air dari seluruh bagian cairan tubuh, kecuali dari aliran darah. Hal itu memungkinkan tekanan darah unta tetap stabil sehingga darah dapat terus mengalir secara normal, bahkan ketika unta sedang mengalami dehidrasi.

Yang menakjubkan, sel darah unta berbentuk unik dan berbeda dibandingkan mamalia lain. Jika sel mamalia umumnya berbentuk bulat, sel darah unta berbentuk oval. Hal itu memungkinkan sel darah untuk mengalir lebih bebas ketika mengalami dehidrasi.

Sel-sel darah unta juga mampu mengatasi perubahan ekstrim pada tingkat konsentrasi garam dan air dalam tubuh, tanpa mengalami pecah. Karena hal itulah, unta memiliki kemampuan menyimpan cadangan air yang lebih besar di dalam aliran darah mereka.

Unta dapat bertahan hingga kehilangan 25 persen air dari berat badan mereka, sampai mereka mulai menggunakan cadangan air di dalam aliran darahnya.

Sekadar ilustrasi, kenyataan itu bisa memberikan efek berbahaya bagi mamalia lain, namun tidak terjadi pada unta. Jika mamalia lain kehilangan air sekitar 12 sampai 15 persen saja dari berat tubuhnya, mereka akan mengalami gagal jantung.

Baca juga: Gara-gara Dikejar Singa, 400 Kerbau Tenggelam Bersama di Sungai

Related

Science 5070920376707241999

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item