Benarkah Cowok Memiliki Nafsu Lebih Besar daripada Cewek?

Benarkah Cowok Memiliki Nafsu Lebih Besar daripada Cewek?

Naviri Magazine - “Cowok memang nafsuan!” Pernah mendengar kata-kata semacam itu? Mungkin pernah, karena nyatanya kita memang seperti meyakini kalau cowok lebih nafsuan dibanding cewek. Atau cowok memiliki nafsu yang lebih besar dibanding cewek. Keyakinan semacam itu bahkan telah menjadi semacam keyakinan umum yang ada di masyarakat.

Tapi benarkah nafsu cowok memang lebih besar dibanding nafsu cewek?

Kita mulai dari beberapa fakta: mulai dari hormon, stigma negatif, sampai pola-pola sosial.

Dalam tubuhnya, cowok adalah makhluk yang memiliki lebih banyak hormon ‘testosteron’ ketimbang cewek. Hormon tersebut kemudian memberinya atribut fisik yang kuat. Coba saja lihat otot-otot yang secara otomatis dimiliki cowok. Otot-otot tersebut hasil dari hormon testosteron.

Para peneliti dan sejarawan menganggap, bentuk tubuh jadi salah satu penentu kenapa cowok lebih identik dengan pekerjaan-pekerjaan keras dari zaman ke zaman. Sejak zaman prasejarah, dengan bentuk tubuh seperti itu, cowok sudah diperlukan untuk pekerjaan-pekerjaan keras, seperti berburu, melindungi keluarga dari berbagai serangan, bahkan sampai kegiatan cocok tanam, pada zaman prasejarah.

Hal-hal mendasar itu kemudian berubah menjadi efek kombinasi, dan akhirnya membuat kaum cowok sebagai subyek dan diidentikan dengan kaum yang memiliki ekspresi lebih terbuka, ketimbang kaum cewek. Masyarakatlah yang membuat penilaian tersebut. Cowok lebih sering dijadikan subyek.

Contohnya, ketika kita membicarakan selingkuh, kalimat bernada ‘cowok menyelingkuhi ceweknya’ sudah biasa. Kemudian muncul kesepakatan bahwa selingkuh itu kentalnya dengan cowok. Padahal di sisi lain, banyak juga cewek yang menyelingkuhi cowoknya.

Butuh bukti lain? Kita singgung soal berganti pasangan. Stigmanya pasti menempel untuk kaum cowok. Tidak heran, banyak sebutan negatif untuk menjuluki cowok. Buaya darat, PHP, mata keranjang, playboy, Casanova, Don Juan, dan lain-lain, begitu sulit lepas dari kaum cowok.

Cowok mendekati cewek. Cowok yang memulai hubungan. Pola-pola sosial tersebut membuat cowok dianggap lebih diperbolehkan terbuka ketimbang cewek –  yang sudah dianggap sebagai makhluk pemalu – dalam banyak area, dan salah satunya keterbukaan masalah seksual. Jadi tidak heran kenapa cowok lebih dianggap nafsuan ketimbang cewek dalam masalah biologis.

Namun, coba sekarang belajar soal nafsu dari sudut yang lain di samping masalah biologis.

Ada hal yang perlu kita pahami tentang nafsu. Okelah, dalam urusan biologis, cowok lebih nafsuan dibanding cewek. Sudah semacam jadi kesepakatan umum. Namun, apa yang kita cermati adalah kata nafsu itu sendiri. Kata nafsu sudah terlalu kita pandang jelek. Padahal dalam KBBI, nafsu punya arti utama: keinginan (kecenderungan, dorongan) hati yang kuat. Maka dari itu, baiknya sekarang kita lihat nafsu dari sudut lain.

Siapa yang lebih identik dengan kegilaannya dalam urusan belanja? Siapa yang akan jadi lebih pemilih untuk urusan bagaimana bentuk dan interior rumah? Siapa yang lebih bernafsu untuk mempersolek diri? Cowok atau cewek? Kamu pasti lebih tahu untuk menjawabnya.

Baca juga: Pamer Mesra di Medsos, Tampak Bahagia tapi Sebenarnya Menderita

Related

Relationship 2969581852490799871
item