Crop Circle, Lingkaran Misteri Paling Membingungkan di Dunia

Crop Circle, Lingkaran Misteri Paling Membingungkan di Dunia

Naviri Magazine - Di antara banyak misteri yang ada di dunia, crop circle adalah salah satunya. Berbeda dengan misteri lain yang terkesan tertutup, crop circle adalah misteri yang terbuka, karena ia ada di bentang alam luas yang bisa disaksikan siapa pun.

Kadang crop circle muncul di tanah ladang, atau sawah, dan ukurannya sangat besar. Namun, bagaimana crop circle bisa muncul di sana, tidak ada yang bisa memberi jawaban.

Crop circle juga menjadi sorotan media internasional. Media populer seperti Telegraph, Straits Times, Huffingtonpost, Nationalgeographic, Mirror, dan banyak lainnya, dari tahun ke tahun mengangkat tema berabad-abad ini.

Sayangnya, jawaban dari fakta crop circle selalu berakhir dengan pertanyaan. Dalam situs cropcirclesecrets.org, fakta crop circle tertangkap di 20 lebih negara. Bentuk crop circle biasanya berada di bentangan ladang gandum, barley, canola, sawah, dan lainnya.

Fakta keberadaannya bukan fenomena modern yang baru muncul belakangan ini. Sejak abad ke-17 sudah tercatat ada laporan soal crop circle. Setidaknya sudah ada 200 kasus yang dilaporkan sebelum 1970, dengan puluhan saksi mata. Sekitar 1980-an, orang mulai melek untuk mempelajari fakta ini, terutama di kawasan Inggris Selatan.

Manusia mulai mengabadikan pola-pola crop circle, dari yang awalnya sederhana seperti lingkaran dan garis-garis, crop circle “berevolusi” dalam bentuk yang lebih rumit. Selain bentuknya yang terus berkembang, ukuran crop circle juga makin membesar. Ukuran crop circle terbesar bisa mencakup kawasan hingga 200.000 kaki persegi.

Sedikitnya sudah tercatat ada 10.000 laporan soal keberadaan crop circle di dunia. Keberadaanya makin membuat penasaran. Misalnya, media BBC melaporkan pada 1999 konglomerat AS, Laurance Rockefeller, mendanai proyek survei besar-besaran soal fenomena ini di Inggris.

Setahun sebelumnya, sebuah website iklan di AS menawarkan paket wisata crop circle di Inggris dengan tarif 2.199 dolar AS per orang, atau sekitar Rp28,5 juta, bila pakai kurs saat ini. Paket wisata ini menarik, di kala versi tentang terbentuknya crop circle makin beragam.

Beberapa versi mengatakan crop circle merupakan karya angin vortex, energi Bumi, fenomena arkeologi bawah tanah, reaksi kimia, eksperimen militer, kekuatan tuhan, hingga hoax atau buatan manusia. Yang jelas, sampai sekarang, fenomena crop circle masih misterius.

Baca juga: Masalah Besar yang Akan Dihadapi Manusia Pada Tahun 2050

Related

World's Fact 2989974030475065517

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item