David Adamovich, Pelempar Pisau Tercepat dan Terakurat di Dunia

David Adamovich, Pelempar Pisau Tercepat dan Terakurat di Dunia

Naviri Magazine - David Adamovich dikenal dunia karena keahliannya melempar pisau. Karena keahliannya pula, pria yang dijuluki The Great Throwd ini diberi gelar sebagai pelempar pisau terakurat dan tercepat di dunia.

Ia memegang rekor Guinness World Records untuk kategori “Melempar Pisau di Sekitar Sasaran Manusia di Bawah 1 Menit”. Saat itu, Adamovich berhasil melempar pisau sebanyak 102 buah dalam waktu kurang dari 60 detik.

Tak hanya asal melempar, ada kerja mekanika yang menjelaskan mengapa lemparan pisau Adamovich bisa tepat mengenai sasaran. Salah satu kerja mekanika tersebut, menurut Amante P. Marinas dalam The Art of Throwing: The Definitive Guide to Thrown Weapons Techniques (2010), terjadi saat seseorang melempar pisau. Ia mengatakan ada lima tahapan mekanika yang dilakukan pelempar, hingga pisau yang dilempar mengenai sasaran.

Pertama adalah cara berdiri. Marinas menjelaskan bahwa pelempar yang tak kidal mesti berdiri dengan kaki kiri berada di depan. Jarak antara jari kaki belakang dan tumit kaki depan mesti satu setengah kali panjang telapak kaki pelempar.

Jika posisi badan telah benar, selanjutnya pelempar mesti mengayun lengan ke belakang punggung sambil menaruh berat badan di kaki belakang dan menarik napas. Hal yang dilakukan berikutnya adalah melepas pisau sembari menghela napas serta memindahkan berat badan ke kaki depan.

Saat pisau dilempar dan berada di udara, ada gerakan mekanika lain yang terjadi dan bisa diatur agar lemparan benda bisa mengenai sasaran. Kepada Bigthink, Adamovich pun menjelaskan prinsip fisika yang bekerja saat seseorang melempar pisau dengan teknik setengah berputar (half spin) dan satu lingkaran penuh (full spin).

Ia mengatakan bahwa prinsip tersebut sama-sama terjadi ketika seseorang melempar menggunakan mata pisau atau gagang pisau.

“Ketika pelempar memegang mata pisau dan melempar dengan teknik half spin dari balik punggung, pisau yang lepas dari tangan akan berputar seperempat lingkaran, lalu berputar setengah lingkaran lagi, lantas mengenai target.

“Jika pelempar memegang gagang pisau dan melempar dengan teknik full spin dari balik punggung, pisau yang lepas dari tangan akan berputar seperempat lingkaran, lalu berputar satu lingkaran penuh, kemudian mengenai sasaran,” katanya.

Baca juga: Apakah MIB (Men in Black) Benar-benar Ada di Dunia Nyata?

Related

World's Fact 3464281008344379837
item