5 Fakta Captain Marvel, Kehidupan dan Asal Usul Kekuatannya

5 Fakta Captain Marvel, Kehidupan dan Asal Usul Kekuatannya

Naviri Magazine - Captain Marvel adalah salah satu superhero dalam semesta Marvel. Namun, ketika Marvel Comics melahirkan tokoh-tokoh superheronya ke layar lebar, Captain Marvel tidak juga muncul. Akhirnya, setelah para penggemar memohon pada Marvel Comics selama bertahun-tahun, Captain Marvel pun diluncurkan ke layar lebar dengan latar tahun 1990-an, yang akan menjadi origin story sang superhero.

Sebagian orang, yang tidak pernah membaca komiknya, mungkin bertanya-tanya, siapakah Captain Marvel? Mengapa ia begitu penting dalam semesta Marvel? Apa kekuatan super yang dimilikinya? Bagaimana ia masuk ke dalam cerita Marvel Cinematic Universe? Berikut ini jawaban untuk semua pertanyaan tersebut.

Memulai karir di Angkatan Udara

Dibuat oleh Roy Thomas dan Gene Colan, Carol Danvers dalam Marvel Comics adalah salah satu penyandang gelar Captain Marvel (ada beberapa karakter yang juga menjadi Captain Marvel selain Danvers).

Hidupnya sebagai Captain Marvel berawal dari seorang superhero bernama Mar-Vell, seorang spesies asing Kree, yang awalnya dikirim ke Bumi untuk memata-matai kehidupan manusia

Dalam upaya untuk berbaur dengan manusia, Mar-Vell mengambil identitas seorang ilmuwan yang sudah meninggal, bernama Walter Lawson, yang bekerja di stasiun Angkatan Udara di Cape Canaveral.

Dia bertemu Carol Danvers, yang menjadi perwakilan Angkatan Udara untuk ditempatkan sebagai Kepala Keamanan di fasilitas tempat Mar-Vell/Walter Lawson bekerja, sampai akhirnya sebuah kecelakaan membuat Danvers menjadi Captain Marvel.

DNA setengah manusia setengah kree

Kecelakaan yang disebut di atas, melibatkan Mar-Vell dan Danvers di saat bersamaan. Hal itu membuat struktur genetis Mar-Vell dan Danvers melebur. Ini berarti membuat Carol Danvers bukan hanya manusia dengan kemampuan Kree, tetapi ia menjadi hibrida manusia/Kree.

Karena DNA-nya, Captain Marvel tidak hanya memiliki hubungan dengan Kree sebagai spesies, tetapi juga Kree homeworld. Karena ini pula, petualangannya lebih didominasi pertempuran kosmik.

Mungkin ini juga yang membuat Captain Marvel selama ini belum menunjukkan batang hidungnya di MCU, karena meskipun ‘ada’ sejak tahun 1990-an, awal mula MCU adalah Tony Stark dengan Iron Man.

Avengers sekaligus Guardians Of The Galaxy

Dalam versi komik, bertahun-tahun diceritakan bahwa Carol Danvers merupakan salah satu anggota dari sekian banyak organisasi penting yang ada di Marvel Universe, di antaranya adalah SHIELD, A-Force, bahkan X-Men.

Sedangkan untuk kemunculannya di Marvel Cinematic Universe tahun depan, besar kemungkinan Carol Danvers akan tergabung dengan tim Avengers dan Guardians of The Galaxy. Superhero setengah Kree ini telah bergabung dengan dua tim besar Marvel tersebut dalam kurun waktu yang berbeda, ia juga sering membantu menyelamatkan manusia di muka bumi maupun kosmik.

Dengan sifatnya yang masih menjadi seorang wanita asal Boston, Carol tentunya memiliki banyak pengalaman sebagai penyelamat bumi dari ancaman yang datang. Di samping itu, dengan genetika Kree yang dimilikinya, sangat memungkinkan bagi Carol Danvers ikut terlibat dalam konflik intergalaksi.

Jadi, dengan kekuatan yang dimiliki Captain Marvel, sudah pasti karakter ini akan menjadi karakter penting untuk membawa cerita MCU di phase berikutnya (MCU Phase 4). Mengingat dalam phase tersebut akan banyak menyuguhkan cerita kosmik.

Memiliki banyak nama

Captain Marvel bukan nama satu-satunya yang dinobatkan kepada Carol Danvers. Hal tersebut terbukti pada saat petualangannya bersama X-Men, di salah satu komik Marvel yang rilis pada tahun 1980-an.

Awalnya, ia ditangkap oleh ras alien bernama Brood, dan mereka melakukan eksperimen kepada Carol Danvers. Dari eskperimen tersebut, Carol dijuluki sebagai Binary, karena mampu menghasilkan kekuatan bintang dari tubuhnya.

Pada tahun 1990-an, Carol tidak lagi berhubungan dengan ras alien Brood, namun ia masih memiliki kekuatan kosmik di dalam tubuhnya, sekaligus mendapat kekuatan tambahan untuk memanipulasi energi.

Setelah itu, Carol bergabung dengan Avengers, dan mengubah namanya menjadi Warbird. Tapi tak lama, kekuatan Carol Danvers sedikit demi sedikit menghilang, dan ia menjadi pecandu alcohol akibat depresi karena kekuatannya yang hilang. Sampai akhirnya ia kembali dipanggil Ms. Marvel, tapi itu hanya sementara.

Captain Marvel adalah superhero terkuat 

Para penggemar Marvel Cinematic Universe mungkin bertanya-tanya, siapakah superhero terkuat di MCU. Pertanyaan itu menuai banyak perdebatan. Ada yang menyebut pahlawan terkuat di MCU antara Hulk dan Thor, atau mungkin juga Steve Rogers alias Captain America.

Sepertinya, tiga superhero tadi belum termasuk karakter terkuat di MCU, karena Captain Marvel digadang-gadang menjadi hero terkuat di franchise ini. Mungkin ini mengejutkan, karena Catpain Marvel adalah superhero wanita, dan terbilang pendatang baru di MCU.

Kembali di penghujung tahun 2016, pentolan Marvel Studio, yaitu Kevin Feige, secara ekslusif menyebut bahwa Carol Danvers adalah karakter paling kuat yang akan diperkenalkan di MCU.

Menurut Kevin Feige, sangat jauh jika para penggemar berpikir bahwa Captain Marvel akan sulit beradaptasi, mengingat dalam ending Infinity War menandakan bahwa Captain Marvel menjadi lawan ‘terberat’ bagi Thanos. Jadi bisa diasumsikan bahwa karakter Captain Marvel akan memiliki potensi yang besar bagi timeline panjang MCU, untuk beberapa tahun ke depan.

Baca juga: Misteri Infinity War: Bagaimana Thanos Bisa Mengenal Tony Stark

Related

Film 5388178477183025325
item