Fakta-fakta Menarik Seputar Marvel dan Lahirnya Tokoh Superhero

Fakta-fakta Menarik Seputar Marvel dan Lahirnya Tokoh Superhero

Naviri Magazine - Banyak sekali penggemar Marvel di dunia, termasuk di Indonesia. Buktinya, setiap kali Marvel merilis film baru, seketika dunia mengalami kehebohan, begitu pula yang terjadi di Indonesia. Film-film superhero Marvel pun selalu laris manis, dari superhero yang difilmkan sendiri, maupun yang digabung dalam seri Avengers.

Marvel Cinematic Universe (MCU) adalah franchise film asal Amerika, yang berhasil memukau penonton melalui deretan film ternama, dari Iron Man hingga Captain America: Civil War.

Namun, tahukah kamu kalau jauh sebelum film tersebut dibuat, cerita dan karakter superhero telah dinikmati oleh masyarakat Amerika? Berikut fakta-fakta menarik seputar Marvel yang perlu kita tahu.

Sempat mengalihkan fokusnya dari komik superhero

Marvel awalnya merupakan komik yang dirilis oleh penerbit Timely Publications, yang didirikan oleh Martin Goodman. Komik pertama Marvel pada tahun 1939 menampilkan superhero sang manusia-api, Human Torch, dan anti-hero bernama Namor, The Submariner.

Dua tahun kemudian, seorang writer-artist Marvel, Joe Simon bersama Jack Kirby, menciptakan karakter superhero pembela negara, yang sukses dengan penjualan satu juta kopi dan menjadi kesuksesan besar pertama Marvel. Hingga kini, karakter ini masih sangat dikagumi oleh banyak orang. Dia adalah Captain America.

Pasca perang dunia kedua, Marvel sempat mengalami masa-masa sulit dalam penjualan komik, dan mengubah fokusnya ke kategori cerita horor, humor, kriminal, dan lainnya.

Namun pada tahun 1950-an, melihat DC Comics yang berhasil menghidupkan kembali tren komik superhero, Marvel kemudian mulai merevolusi beberapa karakter yang dimiliki, serta menciptakan karakter-karakter yang baru.

Stan Lee, writer kreatif di balik superhero Marvel

Stan Lee merupakan sosok di balik sebagian besar karakter Marvel, seperti Spider-Man, Fantastic Four, Iron Man, Thor, X-Men, dan masih banyak lainnya. Lee sejak kecil memang hobi menulis, dan bercita-cita untuk menjadi penulis terkenal di Amerika.

Hidup dalam keuangan yang minim tidak membuatnya putus asa. Ia pernah bekerja sebagai pengantar roti panggang, penulis paruh waktu, hingga menjadi penyambut tamu di teater.

Berkat semangat kerja kerasnya, Lee dikenalkan oleh pamannya kepada Martin Goodman, seorang pemilik perusahaan penerbit, untuk menjadi asisten pegawai di sana.

Siapa sangka, hal tersebut menjadi berkah bagi perusahaan yang kemudian dikenal sebagai penerbit Marvel Comic. Karena, beberapa tahun setelahnya, Lee menjadi sosok yang berperan penting, dan menjabat sebagai chairman Marvel Comics.

MCU memperoleh pendapatan tertinggi di Box Office

Kehadiran MCU di dunia perfilman boleh dibilang masih seumur jagung, karena baru dimulai sejak 2008. Namun, hal tersebut tak dapat dijadikan alasan untuk memandang remeh franchise film ini.

Dikutip dari The Numbers, MCU memimpin dengan pendapatan global sebesar $10 miliar. Hanya dalam 8 tahun, MCU berhasil memuncaki daftar pendapatan tertinggi, dengan mengalahkan film-seri lain seperti James Bond, Harry Potter, dan Star Wars.

Cuplikan yang menghubung ke film selanjutnya

Kamu yang sering menonton film Marvel, pasti sering melihat kondisi di mana banyak penonton tetap betah menunggu di kursi, walaupun film telah habis diputar. Tidak seperti pada film lain, para penonton film Marvel biasanya sangat setia memandangi deretan panjang nama yang terlibat dalam pembutan film itu.

Ya, semua penggemar film Marvel itu sedang menunggu cuplikan yang memberi sedikit bocoran tentang film Marvel selanjutnya, yang biasanya diputar setelah credit movie.

Cuplikan ini merupakan salah satu ciri khas MCU yang cukup berhasil membuat sensasi di kalangan penggemarnya. Bahkan, tidak sedikit para penggemar saling berargumen, dan menghasilkan teori-teori baru mengenai alur cerita film Marvel selanjutnya.

Pemecahan hak siar beberapa karakter Marvel

Kesuksesan Marvel Comics banyak dilirik oleh sederet rumah produksi ternama, untuk mengangkat ceritanya ke layar lebar. Sony Pictures, 20th Century Fox, hingga Universal Studio, memegang lisensi pembuatan film dari beberapa karakter Marvel.

Melihat kesuksesan Spider-Man dan X-Men, Marvel Comics memutuskan untuk membuat studio film sendiri, yang disebut Marvel Cinematic Universe, untuk membawa karakternya ke layar lebar.

MCU memulai proyek besarnya dengan pengambilan kembali hak atas Hulk dari Universal Pictures. Mereka juga menarik Iron Man, Captain America, serta Thor dari Artisan, dan membentuk tim Avenger.

Baca juga: Misteri Batu Ketujuh Infinity Stones Dalam Kisah Lanjutan Avengers

Related

Entertaintment 369932922271147802
item