Aneh dan Ngeri, 10 Fenomena Populer yang Masih Misterius

Aneh dan Ngeri, 10 Fenomena Populer yang Masih Misterius

Naviri Magazine - Meski peradaban manusia semakin maju, dan ilmu pengetahuan terus berkembang, namun kenyataannya banyak hal di dunia ini yang masih misterius, dan manusia belum menemukan jawaban pasti.

Kenyataannya, kehidupan manusia memang menyimpan banyak misteri. Baik di dalam diri manusia sendiri, maupun di luar diri manusia. Berikut ini adalah sepuluh hal yang bisa dibilang umum atau fenomena yang populer di dunia, namun kenyataannya masih misterius.

The Taos Hum

Masyarakat dan pengunjung kota kecil di New Mexico, Taos, selama bertahun-tahun merasakan gangguan dan keheranan atas suara dengungan berfrekuensi rendah di udara padang pasir.

Janggalnya, hanya 2% dari penduduk Taos yang melaporkan hal itu. Beberapa percaya, fenomena itu disebabkan oleh akustik yang tidak biasa, sementara beberapa orang curiga adanya histeria masal dari sesuatu yang rahasia dan mengerikan. Belum ada satu pun manusia yang dapat menemukan sumber dengungan tersebut.

Si Kaki Raksasa - Bigfoot

Selama beberapa dekade, raksasa berbulu, monster seperti manusia bernama Bigfoot banyak dilaporkan keberadaannya di Amerika. Meskipun begitu, tidak satu pun tubuh Bigfoot diketemukan.

Bangkai atau mayat mereka yang berasal dari perburuan, tabrakan, atau meninggal secara alami, juga belum pernah diketemukan. Hanya beberapa foto jejak kaki raksasa mereka banyak diberitakan, namun misteri itu belum terpecahkan sampai saat ini.

Intuisi 

Kita dapat mengatakan ini sebagai "indera keenam", perasaan, atau hal lain. Kadang kita merasakan adanya intuisi dari waktu ke waktu. Tentu saja banyak dari "perasaan" itu yang salah, tapi kadang terasa benar.

Ilmuwan dan psikolog mencatat bahwa manusia membawa informasi bawah sadar tentang kehidupan di sekeliling, yang membawa kita merasa tahu sesuatu tapi tidak mengetahui kondisi atau kejadian yang sebenarnya, atau mengapa kita tahu itu. Intuisi amat sulit dibuktikan dan dipelajari, dan psikologi adalah satu-satunya ilmu pengetahuan yang dapat menjawabnya.

Hilangnya orang secara misterius 

Manusia hilang untuk berbagai alasan. Kebanyakan melarikan diri atau terbunuh, namun beberapa dapat diketemukan.

Tapi tidak dengan hilangnya manusia secara misterius, mulai dari para kru Marie Celeste sampai ke Jimmy Hoffa, Amelia Earhart, dan Natalee Holloway, serta beberapa orang lain yang juga menghilang tanpa jejak. Dan pencarian mereka sampai sekarang masih belum mendapatkan hasil. Ke mana kira-kira mereka pergi?

Hantu

Sejak dulu banyak di antara kita yang takut hantu. Tetapi, adakah hantu di sekitar kita? Bisakah mereka dibuktikan secara ilmiah?

Setiap negara memiliki budaya berbeda dengan negara lain, dan memiliki kisah hantu yang berbeda. Contohnya vampire, drakula, dan warewolf di Amerika. Sebaliknya, Indonesia ada kuntilanak, gendoruwo, wewe gombel, dan lain-lain.

Hantu merupakan misteri yang masih menjadi bagian hidup kita. Diharapkan suatu hari nanti ada penyelidik hantu yang dapat membuktikan bahwa yang mati dapat berkomunikasi dengan yang hidup, dan menjawab misteri ini.

Deja Vu

Frase ini berasal dari Prancis, yang berarti "sudah pernah melihatnya", mengacu pada pengalaman dan perasaan misterius tentang tempat, keadaan, dan suasana, di mana kita merasa pernah mengalami. Sebagai contoh, kita berada di tempat asing yang belum pernah kita datangi, tapi merasa akrab dan merasa pernah melihat suasana serta lingkungan tempat tersebut.

Ada yang percaya bahwa Deja vu adalah pengalaman yang pernah manusia alami pada kehidupan sebelumnya. Seperti juga intuisi, riset tentang psikologi manusia dapat menawarkan jawaban, tapi fenomena ini tetap misteri.

UFO (Unidentified Flying Objects)

Benda asing tak dikenal atau UFO sangat populer. Banyak orang yang mengaku melihat, memotret, dan mengambil videonya. Beberapa saksi melihat suatu benda di angkasa yang tampak asing, beberapa bahkan memiliki pengalaman pernah bertemu sosok mahluk asing yang tampaknya berasal dari luar bumi.

Dari mana mereka berasal? Apakah mereka dapat berkomunikasi dengan manusia? Hal ini masih menjadi misteri, seperti halnya misteri hantu dan fenomena makhluk-makhluk asing lainnya.

Kematian dan menjelang kematian

Orang yang pernah sekarat, koma, atau hampir mati, kadang melaporkan pengalamannya, seperti masuk ke dalam terowongan, melihat cahaya, bersatu kembali dengan mereka yang sudah mati, atau merasakan suasana damai, tenteram, dan lain sebagainya.

Tetapi, anehnya, belum ada cerita yang sama persis satu dengan lainnya. Orang-orang skeptis merasa bahwa pengalaman itu diakibatkan oleh halusinasi dari kondisi traumatik pada otak manusia. Yang jelas, sampai saat ini belum ada yang dapat menjelaskannya dengan gamblang.

Kekuatan supranatural dan ESP (Extra-Sensory Perception)

Kemampuan psikis atau ESP (Extra-Sensory Perception) adalah bagian dari misteri dunia yang belum terpecahkan. Pembuktiannya terkadang terlalu dibuat-buat, mengacu pada kepercayaan manusia terhadap kekuatan yang lebih besar di dunia ini.

Ilmu pengetahuan belum dapat memecahkan hal ini dengan jelas, tapi eksistensinya juga tidak dapat dibantah. Terutama untuk orang Indonesia yang amat religius, dan masih membawa budaya timur yang penuh misteri.

Hubungan antara pikiran dan tubuh

Ilmu pengetahuan di bidang kedokteran adalah satu-satunya yang dapat mulai menjelaskan cara pikiran dapat mempengaruhi tubuh. Efek placebo, sebagai contoh, mendemonstrasikan beberapa orang yang dapat kembali sehat dan sembuh dari penyakitnya, atau malah sakit dan menderita, hanya karena mereka percaya bahwa itu akan terjadi.

Tapi pembuktian secara medis dan ilmiah amat lemah, karena tubuh kita memiliki kemampuan yang luar biasa dalam penyembuhan, bahkan melebihi kemampuan obat yang paling canggih sekali pun.

Baca juga: Kisah Penampakan Putri Duyung yang Mengejutkan Banyak Orang

Related

Science 4422185825355887850
item