Film Aneh dengan Kisah Paling Tak Masuk Akal di Dunia

 Film Aneh dengan Kisah Paling Tak Masuk Akal di Dunia

Naviri Magazine - Berapa banyak film yang pernah kita tonton? Mungkin banyak, atau bahkan sangat banyak. Dari banyak film yang kita tonton, pernahkah kita menemukan film yang ceritanya aneh dan tak masuk akal?

Mungkin kita pernah mendapati film yang membuat kening berkerut, karena isinya aneh, kisahnya absurd, dan secara keseluruhan tidak masuk akal. Tapi mungkin film tersebut masih kalah absurd jika dibandingkan dengan film berjudul Attack of the Killer Tomatoes.

Dari judulnya saja, kita tahu kalau film ini dibuat untuk merayakan keanehan dan keabsurdan yang membuat orang membatin: "Ini apaan, sih?" Kisahnya tak kalah bikin dahi mengernyit: tentang spesies tomat yang memberontak dari manusia.

Pembukanya adalah teks yang jika diartikan kurang lebih seperti ini: "Pada 1963, Alfred Hitchcock membuat film berjudul The Birds. Sebuah film yang mengisahkan serangan kejam mahluk bersayap kepada manusia. Orang-orang tertawa. Pada musim gugur 1975, ada 7 juta burung gagak menyerang kota Hopkinsville, Kentucky, membuat sengsara para penduduknya. Sekarang, tak ada yang bisa menertawakan film Hitchcock."

Lalu adegan beralih ke sebuah rumah. Seorang perempuan sedang mencuci piring. Pandangannya teralihkan ke lubang wastafel. Ada sebiji tomat yang mengeluarkan suara aneh. Lalu tomat ini berguling-guling sendiri dan melompat ke lantai. Menggelinding dan terus bergerak, membuat si perempuan terpojok ke tembok dan berteriak.

Adegan film berlanjut ke aneka macam pembunuhan: mati karena meminum jus tomat, seorang bocah lelaki yang ditelan tomat, dan tomat yang menyerang seorang perenang. Serangan tomat kepada umat manusia ini begitu mengkhawatirkan, hingga Presiden AS harus membentuk tim misi khusus untuk menghentikan tomat.

Aneh? Iya. Ganjil? Tidak bisa dipungkiri. Layak ditertawakan? Itu respons terbaik.

Film ini mendapat kritikan, cemoohan, olok-olok. Variety menyebut film ini, "bahkan diberi sarkasme saja tak layak." Herannya, penggemarnya banyak. Tapi hal itu sedikit bisa dipahami, karena memang ada film-film yang saking jeleknya bisa jadi amat menghibur, dan tampak seperti bentuk seni yang kerap disalahpahami.

Karena memiliki banyak penggemar militan, film ini sampai dibuat sekuelnya, yakni Return of the Killer Tomatoes (1988), Killer Tomatoes Strike Back! (1990), dan Killer Tomatoes Eat France (1991).

Baca juga: Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald Mendapat Banyak Ulasan Buruk

Related

Film 4376795131418284710

Recent

item