Fungsi Penting Hutan bagi Kelestarian Kehidupan Bumi

 Fungsi Penting Hutan bagi Kelestarian Kehidupan Bumi

Naviri Magazine - Hutan adalah kawasan yang ditumbuhi pepohonan lebat dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam itu terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia, dan berfungsi sebagai penampung karbondioksida, habitat hewan, pelestari tanah, dan menjadi salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting.

Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Kita bisa menemukan hutan di daerah tropis maupun daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar.

Hutan merupakan kumpulan tumbuhan serta tanaman, terutama pepohonan atau tumbuhan berkayu lain yang menempati daerah cukup luas. Pohon adalah tumbuhan cukup tinggi dengan masa hidup bertahun-tahun.

Karenanya, pohon berbeda dengan sayur-sayuran atau padi-padian yang hidup semusim saja. Suatu kumpulan pepohonan disebut hutan jika mampu menciptakan iklim dan kondisi lingkungan yang khas setempat, yang berbeda dibanding daerah di luarnya.

Sebagai suatu ekosistem, hutan tidak hanya menyimpan sumber daya alam berupa kayu, tetapi juga memiliki banyak potensi non-kayu yang bisa diambil manfaatnya oleh masyarakat melalui budidaya tanaman pertanian pada lahan hutan.

Sebagai ekosistem, hutan sangat berperan dalam berbagai hal, seperti penyedia sumber air, penghasil oksigen, tempat hidup berjuta flora dan fauna, menjadi penyeimbang lingkungan, serta mencegah timbulnya pemanasan global. Sebagai penyedia air bagi kehidupan, hutan merupakan salah satu kawasan yang sangat penting, karena hutan adalah tempat bertumbuhnya berjuta tanaman.

Bagi Bumi, hutan adalah pemasok utama oksigen yang sangat dibutuhkan manusia untuk bernapas. Namun, keberadaannya kini mulai terancam akibat ulah manusia yang menjarah isi hutan, melakukan penebangan liar, hingga pembalakan dan pembakaran.

Untungnya, kesadaran mengenai pentingnya hutan mulai dipahami banyak orang, sehingga berbagai negara pun melarang perusakan hutan. Sebagai gantinya, banyak pihak atau organisasi yang aktif mengampanyekan pelestarian alam dan kesadaran mengenai pentingnya fungsi hutan bagi kehidupan.

Baca juga: Rusaknya Hutan, dan Bumi yang Kian Mengerikan

Related

Science 9117927736313368234

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item