Cara Hewan-hewan Berdarah Dingin Beradaptasi dengan Panas

Cara Hewan-hewan Berdarah Dingin Beradaptasi dengan Panas

Naviri Magazine - Reptil—semisal ular, kadal, dan yang lain—adalah hewan berdarah dingin yang suhu tubuhnya tidak diatur oleh termostat sebagaimana manusia, namun diatur oleh hal-hal di sekitarnya. Cukup banyak reptil semacam itu yang hidup di padang pasir yang panas.

Dalam beradaptasi, reptil-reptil semacam itu akan berpindah posisi beberapa kali dalam sehari, untuk menyesuaikan suhu tubuh mereka agar tetap aktif. Kadal padang pasir biasanya bersantai di bawah sinar matahari pagi untuk pemanasan, dan kemudian berpindah ke tempat yang lebih teduh ketika sinar matahari mulai meninggi.

Ketika matahari hampir terbenam, kadal padang pasir akan kembali berjemur untuk menjaga agar tubuh mereka tetap hangat saat malam tiba.

Apa yang disebut ikan pasir?

Ikan pasir sama sekali bukan ikan, tetapi kadal yang memiliki kulit halus dan berkilau, yang disebut skink. Mereka hidup di gundukan berpasir. Kadal itu memiliki kaki-kaki yang kecil, sehingga mereka harus menggeliat-geliatkan tubuhnya dengan gerakan dari sisi ke sisi—seperti gerakan ular—ketika akan masuk ke rumahnya.

Baca juga: Begini Cara Unta Menggunakan Cadangan Air Dalam Tubuhnya

Related

Science 4814406587508644258

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item