Menurut Penelitian Ilmuwan, Hiu Ternyata Buta Warna

Menurut Penelitian Ilmuwan, Hiu Ternyata Buta Warna

Naviri Magazine - Para ilmuwan dari University of Western Australia melakukan penelitian terhadap hiu, yang menghasilkan kesimpulan mencengangkan, bahwa hiu ternyata buta warna.

Untuk mendapatkan kesimpulan itu, para peneliti melakukan observasi pada mata hiu menggunakan teknik micro-spektofotometri. Mereka mengamati sel-sel penyusun retina mata pada 17 spesies hiu yang ditangkap di wilayah Queensland dan Australia Barat.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa 10 dari 17 spesies hiu tidak memiliki sel berbentuk kerucut, sel yang berperan dalam membedakan warna. Sementara 7 spesies lain hanya memiliki 1 jenis sel kerucut, yakni jenis yang peka pada warna hijau (panjang gelombang 530 nanometer).

Para ilmuwan menemukan, kebanyakan spesies hiu hanya memiliki sel berbentuk batang. Sel tersebut sangat sensitif terhadap cahaya, mampu membedakan kontras, dan memungkinkan penglihatan warna. Namun, sel itu tidak mampu membedakan warna.

Nathan Scott Hart, pemimpin proyek penelitian itu, menyatakan, “Hasil studi kami menunjukkan, dibandingkan warna, kontras dengan latar mungkin jauh lebih penting bagi hiu untuk mengidentifikasi objek.”

Kemampuan membedakan warna memang relatif tidak penting bagi hewan laut. Di kedalaman lautan, warna akan memudar dan menghilang.

“Pengetahuan ini bisa membantu kita untuk merancang alat pancing, peralatan surfing, dan pakaian renang, yang kurang atraktif di mata hiu,” ujar Nathan Scott Hart. Tujuannya tentu untuk mencegah kemungkinan manusia dimangsa oleh si predator laut tersebut.

Baca juga: Triceratops, Hewan Purba Mirip Badak yang Sangat Mengerikan

Related

Science 8005542833468050356

Recent

item