Hasil Penelitian: Internet Bisa Menjadi Tempat yang Berbahaya

Hasil Penelitian: Internet Bisa Menjadi Tempat yang Berbahaya

Naviri Magazine - Kehidupan kita saat ini dibagi dalam dua dunia, yakni dunia nyata dan dunia maya. Dunia nyata adalah kehidupan yang kita jalani dengan menjejak bumi, yang memungkinkan kita melihat, mendengar, menyentuh, secara langsung. Sementara dunia maya adalah kehidupan di internet yang hanya mempertemukan kita dengan orang-orang jauh di luar sana, tapi belum tentu kita kenal atau lihat wujud aslinya.

Berdasarkan penelitian terbaru, hampir dua pertiga dari risiko online berasal dari orang asing atau orang yang hanya Anda kenal di internet. Itu menurut hasil awal survei Microsoft tentang keamanan online.

Risiko tersebut termasuk bullying, kontak yang tidak diinginkan, gambar dan pesan seksual yang tidak diinginkan, penipuan, berita palsu, penipuan, dan perilaku serupa lainnya. Sebagai perbandingan, 28 persen risiko online berasal dari keluarga dan teman.

Hasil penelitian yang akan diselesaikan untuk International Safer Internet Day pada 5 Februari 2019 nanti, menggarisbawahi apa yang sudah sangat jelas, yaitu internet bisa menjadi tempat yang berbahaya dan menakutkan.

Resep Microsoft untuk menangani interaksi online juga cukup jelas, dengan saran seperti memperlakukan orang dengan kebaikan, menghormati perbedaan, berhenti sejenak sebelum membalas seseorang dan membela diri sendiri dan orang lain.

Peneliti Microsoft menemukan bahwa orang-orang yang telah menemui pelaku kejahatan dalam kehidupan nyata hampir dua kali lebih mungkin menghadapi bahaya online. Orang-orang juga ditargetkan berdasarkan karakteristik, jenis kelamin, usia dan penampilan fisik mereka.

Penelitian ini didasarkan pada survei sikap dan persepsi remaja dan orang dewasa di 22 negara tentang bahaya internet, dan bagaimana interaksi online memengaruhi kehidupan nyata mereka.

Baca juga: Waspadai Catfishing, Penipu Bertopeng Gebetan di Dunia Maya

Related

Internet 7179560322511986185

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item