Ini Penyebab Kanker Paru Menjadi Kanker Paling Mematikan

Ini Penyebab Kanker Paru Menjadi Kanker Paling Mematikan

Naviri Magazine - Ada beragam kanker, dan kanker paru adalah salah satunya. Yang menakutkan, kanker paru dianggap sebagai kanker yang paling mematikan, khususnya dibandingkan dengan jenis kanker lain.

Berdasarkan data Global Burden of Cancer (Globocan) 2018, yang mengamati prevalensi dan kematian akibat 36 jenis kanker, kanker paru adalah jenis kanker dengan jumlah penderita paling banyak di dunia.

Data Globocan 2018 memaparkan bahwa pada 2018 diperkirakan ada 2,1 juta kasus baru kanker paru, dan 1,8 juta kematian akibat kanker tersebut. Sementara itu, Indonesian Cancer Information & Support Center (CISC) mengatakan bahwa 14 persen kematian penderita kanker di Indonesia disebabkan oleh kanker paru.

Sifat mematikan kanker paru juga diamini oleh dr. Evlina Suzanna, SpPA(K), dokter spesialis patologi anatomi RS Kanker Dharmais, saat menghadiri acara konferensi pers bertajuk “Lung Cancer and Me: Beda Jenis, Beda Perjalanan” di Jakarta, Rabu (28/11).

"Data menunjukkan bahwa kanker paru adalah kanker pembunuh nomor satu di Indonesia, dengan jenis terbanyak adenokarsinoma," ujar Evlina.

"Setiap tahun, terdapat 30.023 pasien terdiagnosis kanker paru, dan dari angka tersebut, sekitar 26.000 pasien kanker paru yang meninggal," paparnya.

Menurutnya, sifat mematikan kanker paru disebabkan oleh mudahnya kanker di organ paru untuk menyebar ke bagian tubuh lainnya. Pasalnya, paru-paru adalah organ respirasi yang berhubungan dengan sistem peredaran darah, sehingga sangat mudah bagi kanker di paru-paru untuk menyebar ke seluruh tubuh.

"Kanker paru itu mau dia ukurannya satu sentimeter atau setengah sentimeter, dia tetap bisa nyebar ke bagian tubuh mana pun, (karena) ikatan sel kanker sangat rapuh," jelas Evlina.

"Dia mudah terlepas sehingga mudah pergi ke mana pun. Sama seperti kasus ada orang yang sudah kemoterapi, dan paru-parunya seakan-akan baik-baik saja. Tapi ternyata kanker sudah menyebar ke hati, usus, dan lainnya," tuturnya lagi.

Secara umum, kondisi kanker paru terbagi atas empat stadium. Pada stadium I, tumor berada di satu sisi paru-paru. Pada stadium II, tumor tumbuh di nodus limfa atau jaringan sekitarnya.

Sementara pada stadium III, tumor telah menyebar ke dalam rongga dada dan nodus-nodus limfa utama. Adapun pada stadium IV, kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lain, seperti hati atau tulang.

Baca juga: Mewaspadai Gejala Serangan Jantung yang Terjadi pada Wanita

Related

Health 7017782675279262881

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item