Beberapa Hal yang Menyebabkan Kartu ATM Tertelan Mesin

Beberapa Hal yang Menyebabkan Kartu ATM Tertelan Mesin

Naviri Magazine - Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine (ATM) saat ini telah menjadi andalan banyak orang untuk melakukan penarikan uang atau bahkan penyetoran uang. ATM juga bisa digunakan untuk membayar aneka tagihan, seperti tagihan listrik, cicilan kendaraan, dan lain-lain.

Untuk bisa menggunakan aneka fasilitas yang disediakan ATM, kita tentu harus punya kartu ATM yang diterbitkan oleh bank. Dengan kartu ATM, kita bisa menikmati berbagai fasilitas ATM yang bisa digunakan kapan pun dan di mana pun.

Terkait aktivitas dalam menggunakan ATM, kadang ada masalah sepele yang membuat jengkel sebagian orang. Yaitu kartu ATM tertelan mesin!

Pernah mengalami masalah seperti itu? Kita masih menggunakan mesin ATM untuk suatu keperluan, lalu tiba-tiba kartu ATM kita tidak bisa diambil karena tertelan. Kita pun mungkin bingung, dan bertanya-tanya, mengapa kartu ATM bisa tertelan mesin?

Banyak faktor yang menjadi penyebab tertelannya kartu ATM. Mulai dari kerusakan mesin atau sistem error, kelalaian nasabah, listrik padam, hingga modus kejahatan.

Betapa pun canggih teknologi yang ditanam dalam mesin ATM tak lepas dari kerusakan juga. Perlu disadari bahwa mesin ATM tidak selalu bekerja sempurna. Ada kalanya mengalami kerusakan atau sistem error yang mengakibatkan mesin tidak bisa digunakan untuk bertransaksi. Bahkan berisiko kartu ATM tertelan jika kerusakan mesin terjadi saat transaksi sedang berlangsung.

Tak hanya kerusakan mesin atau sistem error, tertelannya kartu ATM juga bisa disebabkan oleh kelalaian nasabah sendiri. Kebanyakan kasus yang terjadi, nasabah tidak segera mengambil kartu ATM yang sudah keluar setelah selesai bertransaksi. Dalam durasi waktu tertentu, jika kartu ATM tidak segera diambil, maka secara otomatis akan tertelan.

Listrik yang tiba-tiba padam juga turut andil terhadap kejadian tertelannya kartu ATM ke dalam mesin. Hal ini biasanya terjadi pada mesin-mesin ATM yang berada di minimarket. Saat transaksi belum selesai dan listrik padam tiba-tiba, kartu ATM kemungkinan akan tertelan.

Kasus tertelannya kartu ATM ternyata juga bisa disebabkan oleh modus kejahatan perbankan. Hal ini biasanya dilakukan oleh sindikat dengan mengganjal lubang masuk kartu dengan benda asing seperti tusuk gigi, kawat, atau lainnya. Modus kejahatan ini sering kali diikuti dengan penempelan stiker call center palsu pada mesin ATM.

Ketika nasabah panik, ada orang yang berpura-pura menolong dengan mengarahkan untuk menghubungi call center yang tertera. Selanjutnya, nomor yang dihubungi akan berpura-pura menjadi pegawai bank, dan meminta nomor PIN kartu ATM nasabah yang bersangkutan. Karenanya, hati-hati dan waspada.


Related

Technology 6274395559895141503
item