Croak, Katak Beracun Paling Berbahaya di Dunia

Croak, Katak Beracun Paling Berbahaya di Dunia

Naviri Magazine - Ada katak berbahaya yang disebut croak, dan biasa hidup di dalam kolam. Katak itu memiliki tubuh berwarna-warni, dan biasanya suka berdiam diri. Namun, meski kelihatannya tidak berbahaya, katak croak adalah makhluk kecil yang paling beracun di dunia. Racun katak tersebut dapat membunuh 10 orang dewasa, atau ribuan tikus.

Hingga saat ini, ada 160 jenis katak croak di dunia, dan 25 di antaranya telah punah. Racun katak mematikan itu disebut batrachotoxin, dan bersifat neurotoksin (merusak saraf).

Bagaimana cara katak berbunyi?

Setelah hujan, katak hijau jantan akan mengorek atau berbunyi untuk menarik perhatian pasangan mereka. Katak jantan tersebut menghasilkan suara dengan cara memompa udara melalui pita suara yang ada di tenggorokan. Bunyi yang dihasilkannya itu diperkeras ketika melewati kantong udara pada tenggorokan katak, yang membesar seperti balon.

Di Amerika Utara, ada spesies katak yang disebut North American bullfrog atau katak Amerika Utara. Katak tersebut memiliki suara teriakan yang dapat terdengar hingga sejauh satu setengah mil.

Untuk menghasilkan suara yang digunakan sebagai panggilan kawin itu, katak jantan memompa udara bolak-balik antara paru-paru dan mulut di seberang pita suaranya.

Baca juga: Mengapa Bulu Macan Bermotif Belang-belang?

Related

Science 8563953101189692963

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item